Produk Digital Buatan Technopark Cimahi Berpotensial Diekspor

    Ilham wibowo - 14 September 2020 09:04 WIB
    Produk Digital Buatan Technopark Cimahi Berpotensial Diekspor
    Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga. Foto : Kemendag.
    Cimahi: Peluang ekspor produk digital, industri kreatif dan produk berteknologi tinggi sangat terbuka untuk dimaksimalkan di Indonesia. Seperti Technopark Cimahi di Jawa Barat, yang didukung Kementerian Perdagangan (Kemendag) dalam melakukan ekspor.

    "Technopark Cimahi sudah memiliki potensi penyewa (tenant) binaan yang sudah sangat berkembang dan diharapkan akan memberikan dampak besar terhadap ekspor produk digital Indonesia," kata Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga melalui keterangan tertulisnya, Senin, 14 September 2020.

    Jerry menjelaskan bahwa Technopark Cimahi merupakan sebuah kawasan yang digunakan pemangku kepentingan mengembangkan inovasi dan kolaborasi. Fasilitas ini juga bisa dimanfaatkan sebagai inkubasi produk-produk kreatif dan teknologi seperti aplikasi, produk animasi dan film, serta kerajinan.

    "Technopark ini dikembangkan sesuai dengan visi Presiden Joko Widodo yang ingin memiliki pusat-pusat teknologi di banyak daerah yang berpotensi melakukan pengembangan produk berdaya saing dan bernilai tambah tinggi. Program ini juga sejalan dengan visi Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi untuk selalu mengembangkan potensi sumber daya manusia (SDM) dengan keterbatasan sumber daya alam," paparnya.

    Jerry menekankan, saat ini, industri digital Indonesia berada di urutan terdepan di ASEAN. Ia melihat potensi digital Indonesia yang akan terus meningkat ke depan.

    Pada 2018, industri digital Indonesia sudah mencapai nilai kurang lebih Rp560 triliun. Nilai tersebut diperkirakan akan melonjak di 2025, terlebih momentum pandemi covid-19 yang membuat teknologi digital sangat diandalkan.

    "Kementerian Perdagangan akan memfasilitasi para pemangku kepentingan dengan para pengembang digital Indonesia agar industri digital Indonesia semakin berkembang dan bisa menembus mancanegara. Indonesia juga diharapkan tidak hanya menjadi konsumen produk digital, tetapi juga mengambil posisi menjadi produsen," tutur Jerry.


    (SAW)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id