BI: Penggunaan QRIS di NTT Baru Capai 27.292 Pedagang

    Antara - 25 September 2020 12:01 WIB
    BI: Penggunaan QRIS di NTT Baru Capai 27.292 Pedagang
    Ilustrasi. FOTO: MI/USMAN ISKANDAR
    Kupang: Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Nusa Tenggara Timur (NTT) I Nyoman Ariawan Atmaja mengatakan sampai saat ini penggunaan standar pembayaran berbasis QR Code atau sistem QRIS baru mencapai 27.292 pedagang. BI berharap angka ini bisa terus bertambah di masa mendatang.

    ''Jadi kalau dibandingkan dengan provinsi yang lain, tentu saja NTT masih sangat rendah penggunaan QRIS-nya," kata Ariawan Atmaja, dikutip dari Antara, Jumat, 25 September 2020.

    Ia mengakui jumlah pengguna QRIS di NTT juga lebih rendah bila dibandingkan dengan Nusa Tenggara Barat yang mencapai 47 ribu pedagang. "Hal ini tentu merupakan sebuah tantangan tersendiri bagi kita, khususnya bagi perbankan-perbankan di NTT," tuturnya.

    Menurut dia potensi peningkatan jumlah pedagang menggunakan QRIS masih cukup besar jika dilihat dari total jumlah pedagang pasar dan UMKM di NTT Untuk kota Kupang, lanjut dia, dari 27.292 pedagang yang menggunakan QRIS hanya 32 persen atau 8.787 pedagang saja yang menggunakan sistem pembayaran itu.

    Sejauh ini, lanjut dia, kendala yang dihadapi dan menjadi sebab penggunaan QRIS di NTT masih sangat rendah adalah edukasi yang masih minim dan geografis NTT yang merupakan provinsi kepulauan dengan akses jaringan internet yang juga masih sangat minim.

    Namun, ia optimistis, pada akhir Desember penggunaan QRIS bisa mencapai sebanyak 60 ribu pedagang. Ia menjelaskan bahwa QRIS  bukan merupakan suatu aplikasi, tetapi merupakan standar pembayaran berbasis QR Code yang menjadi rujukan berbagai penyelenggara pembayaran menggunakan ponsel.

    "Dengan QRIS, pelaku usaha baik itu di pasar tradisional, pedagang ritel, UMKM maupun transaksi donasi dapat menggunakan model pembayaran tanpa sentuhan atau kontak fisik," pungkasnya.

    (ABD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id