Jamin Vaksin Covid-19 Halal, Erick Thohir Libatkan MUI

    Suci Sedya Utami - 22 September 2020 23:40 WIB
    Jamin Vaksin Covid-19 Halal, Erick Thohir Libatkan MUI
    Ilustrasi vaksin covid-19 - - Foto: AFP
    Jakarta: Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menjamin vaksin covid-19 yang diproduksi oleh PT Bio Farma halal. Pasalnya, proses produksi vaksin akan melibatkan Majelis Ulama Indonesia (MUI).
     
    Pelibatan MUI penting lantaran banyak pihak meragukan kehalalan bahan baku vaksin yang berasal dari perusahaan Tiongkok, Sinovac Biotech tersebut. "InsyaAllah keterlibatan MUI sejak awal, kita libatkan di mana waktu uji klinis 3 di Bandung MUI juga ikut hadir," kata Erick dalam rapat kerja dengan Komisi VI DPR RI, Jakarta, Selasa, 22 September 2020.

    Karena itu, Erick meminta masyarakat tidak perlu khawatir. Terlebih Bio Farma yang memproduksi vaksin memiliki rekam jejak produksi vaksin halal dan terbukti.

    "Kalau uji klinis sudah terjadi di seluruh dunia 1,2,3 pasti proses keamanan kepada pemakainnya InsyaAllah berjalan dengan baik," ucap dia.

    Adapun Indonesia akan mendapat 30 juta dosis vaksin covid-19 pada akhir 2020 dan 300 juta dosis untuk 2021. Sinovac sudah berkomitmen menyediakan 20 juta dosis vaksin pada akhir tahun ini apabila proses uji klinis tahap ketiga berjalan lancar.

    Sementara itu, vaksin tersebut akan diproduksi hingga 250 juta dosis untuk tahun depan. Selain itu, PT Kimia Farma juga menggandeng perusahaan asal UEA, Grup 42 (G42), untuk memproduksi 10 juta dosis vaksin pada akhir 2020. Jumlah tersebut akan ditambah sebanyak 50 juta dosis pada akhir kuartal I-2021.

    (Des)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id