Emas Jadi Pilihan Investasi di Masa Resesi

    Annisa ayu artanti - 23 September 2020 13:47 WIB
    Emas Jadi Pilihan Investasi di Masa Resesi
    ilustrasi - - Foto: dok MI
    Jakarta: Jangan boros dan harus menabung. Itu yang harus dilakukan masyarakat ketika Indonesia resmi menyandang status resesi.

    Apalagi Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati meramal pertumbuhan ekonomi kuartal III ini terkontraksi atau minus 2,9 persen sampai minus satu persen. Artinya, resesi sudah di depan mata.

    Lalu jenis investasi apa yang aman disaat resesi?

    Direktur Asosiasi Riset dan Investasi Pilarmas Investindo Sekuritas Maximilianus Nico Demus mengatakan investasi yang paling aman dan tidak terdampak besar adalah emas. Hal itu dikarenakan semua sektor ekonomi akan terdampak, termasuk pasar saham.

    "Kalau ditanya investasi apa, tentu emas merupakan salah satu yang bagus," kata Nico kepada Medcom.id, Rabu, 23 September 2020.

    Jika ekonomi kuartal III-2020 kembali negatif maka akan memberikan sentimen negatif. Dengan kata lain, pertumbuhan ekonomi yang tak sesuai dengan ekspektasi pasar akan memudarkan harapan investor.

    "Tentu sedikit banyak pasar saham akan terpengaruh apabila data yang akan muncul pada kuartal ketiga nanti kembali negatif," ucapnya.

    Namun demikian, Nico menyarankan masyarakat agar berinvestasi pada lebih dari satu instrumen dengan sektor komoditi emas. Selain itu, ia menyarankan untuk memperbanyak uang tunai dikala resesi.

    "Saham berbasis emas juga cukup bagus. Dan yang paling penting menjaga kebutuhan likuiditas saat ini dengan memegang cash," pungkasnya.(Des)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id