RUU Ciptaker Disebut Bisa Selamatkan Indonesia dari Resesi

    M Sholahadhin Azhar - 11 Agustus 2020 01:03 WIB
    RUU Ciptaker Disebut Bisa Selamatkan Indonesia dari Resesi
    Ilustrasi/Medcom.id
    Jakarta: Jurang resesi mengancam Indonesia. Pembahasan dan pengesahan Rancangan Undang-Undang Cipta Kerja (RUU Ciptaker) dinilai mendesak untuk membantu Indonesia lolos dari hal tersebut.

    Aturan itu disebut akan menarik banyak investasi ke dalam negeri dan menggenjot perputaran roda ekonomi. "Kalau RUU Ciptaker segera diketok oleh anggota parlemen maka itu akan akan menarik investasi untuk lebih kencang datang ke Indonesia," kata pengamat ekonomi Rahma Gafmi saat dihubungi, Senin, 11 Agustus 2020.

    Menurut dia, peraturan tersebut mampu menyelesaikan persoalan terkait pemodalan. Misalnya memangkas aturan tumpang tindih sehingga pemodal mendapat jalan yang lapang untuk berinvestasi.

    Sebab selama ini, kata dia, pemodal terhambat dengan aturan tumpang tindih. Sementara pemodalan merupakan senjata ampuh melawan resesi.

    Baca: Investor Tak Direbut Vietnam dan Thailand, RUU Ciptaker Perlu Disahkan

    "Tidak ada jalan keluar lagi kecuali kita bagaimana mempositifkan investasi. Karena kita tahu bahwa investasi yang positif itu akan memperluas kesempatan kerja," kata Rahma.

    Dia menyebut kesempatan kerja yang luas akan menekan dampak buruk pandemi di bidang ekonomi. Meski memiliki pertumbuhan ekonomi yang negatif di kuartal kedua, Rahma meyakini kondisi menjadi positif pada akhir kuartal 5.

    "Walaupun ada suatu pertumbuhan yang negatif tapi tidak terlalu dalam," ujar Rahma.

    Lapangan pekerjaan yang luas, kata dia, akan membantu mendongkrak daya beli masyarakat. Menurut dia daya beli rendah ketika pandemi harus ditanggulangi. Sebab lemahnya kemampuan konsumsi itu secara otomatis menurunkan produktivitas.

    "Bagaimana kita bisa membangun suatu daya beli masyarakat yang kuat kalau misalnya tidak ada perluasan kesempatan kerja. Salah satu yang menjadi suatu pendorong perluasan kesempatan kerja adalah membangun investasi," kata dia.

    (ADN)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id