Investasi Ciamik di Tengah 'Demam' Korona

    Annisa ayu artanti - 04 Maret 2020 21:10 WIB
    Investasi Ciamik di Tengah 'Demam' Korona
    Ilustrasi. Foto: dok MI.
    Jakarta: Penyebaran wabah virus korona menjadi sorotan banyak pihak, termasuk dampaknya terhadap ekonomi dan kegiatan investasi di Tanah Air.

    Penyebaran virus yang berasal dari Wuhan, Tiongkok tersebut menjadi salah satu pertimbangan setiap orang dalam menempatkan dananya untuk berinvestasi. Pasalnya, virus korona kini sudah 'menginfeksi' ekonomi global dan domestik.

    Perencana Keuangan dari Mitra Rencana Edukasi (MRE) Mike Rini Sutikno menilai emas bisa menjadi alternatif investasi dikala virus ini merebak. Pasalnya emas merupakan investasi yang bersifat safe haven dan memiliki sifat situasional.

    Selain itu, emas juga merupakan investasi yang tepat karena bisa dicairkan kapan saja serta tidak terlalu terusik oleh sistem finansial.

    Baca: Tips Menyiasati Mahalnya Harga Emas untuk Mahar Nikah

    "Dalam kondisi saat ini masyarakat itu memang mencari suatu aset likuid yang bisa dicairkan kapan saja, dan berada di luar sistem finansial. Nah, biasanya emas itu yang banyak dipilih," kata Rini kepada Medcom.id, Rabu, 4 Maret 2020.

    Rini menyontohkan, saat harga emas melambung seperti beberapa hari lalu, banyak sekali masyarakat Indonesia yang berbondong-bondong membeli emas. Emas menjadi satu komoditas ketika harga tinggi tetap memiliki konsumer setia.

    Masyarakat pasti berspekulasi bahwa harga emas masih berpotensi naik. "Enggak ada salahnya kemarin-kemarin kita mau memanfaatkan lonjakan harga emas boleh saja," ucapnya.

    Namun yang harus diperhatikan, lanjut Rini, jangan menaruh seluruh aset yang ada ke emas, tetapi ditaruh ke instrumentasi lainnya yang lebih menguntungkan.

    "Kalau Anda ingin memanfaatkan momentum emas boleh saja. Asal jangan semua uang Anda di spekulasi di situ. Sejumlah tertentu boleh. Siapa tahu harganya naik lagi, siapa yang tahu," tukasnya.

    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id