Surplus Neraca Dagang, Airlangga: Transaksi Berjalan RI Terbaik Satu Dekade

    Media Indonesia.com - 08 Desember 2020 15:58 WIB
    Surplus Neraca Dagang, Airlangga: Transaksi Berjalan RI Terbaik Satu Dekade
    Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto - - Foto: Medcom



    Jakarta: Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyebut surplus neraca dagang sebesar USD964 juta atau 0,36 persen terhadap produk domestik bruto (PDB) membuat transaksi berjalan RI berada dalam posisi terbaik dalam satu dekade terakhir.

    "Surplus neraca dagang memberikan perbaikan pada transaksi berjalan Indonesia untuk pertama kali sejak satu dekade terakhir," ujarnya mengutip Mediaindonesia.com, Selasa, 8 Desember 2020.

    Airlangga menjelaskan surplusnya neraca transaksi berjalan Indonesia lantaran transaksi modal dan keuangan mencatatkan kinerja positif. Hal ini menandakan adanya perbaikan ekonomi domestik dan aktivitas manufaktur Indonesia.

     



    "Ini menunjukkan ketahanan sektor eksternal yang masih kuat dan optimisme prospek perekonomian ke depan," kata Airlangga.


    Ia pun berharap momentum pembalikan ekonomi di triwulan III-2020 dapat terus terjadi dan terakselerasi menjadi pemulihan di triwulan IV dan 2021. Konsumsi dan investasi dari rumah tangga dan sektor swasta juga diharapkan membanjiri Tanah Air seiring pengesahan UU Cipta Kerja.

    Paralel dengan itu, pemerintah akan terus menjalankan kebijakan gas dan rem dalam masa pandemi covid-19. Dalam artian, penanganan kesehatan tetap menjadi prioritas diiringi dengan agenda pemulihan ekonomi nasional.

    "Pemerintah berharap pandemi covid-19 bisa terus terkendali. Di saat yang sama pemulihan ekonomi dan membangkitkan optimisme masyarakat serta kesehatan tetap menjadi prioritas," pungkasnya


    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id