Capai 88,5%, Proyek Merakes Siap Beroperasi di Awal Kuartal II

    Suci Sedya Utami - 19 Februari 2021 17:29 WIB
    Capai 88,5%, Proyek Merakes Siap Beroperasi di Awal Kuartal II
    Ilustrasi proyek migas - - Foto: dok SKK Migas
    Jakarta: Proyek Merakes yang dikerjakan oleh Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) ENI East Sepinggan Ltd akan beroperasi pada kuartal kedua tahun ini. Proyek tersebut sempat tertunda akibat pembatasan pergerakan barang dan sumber daya manusia (SDM) saat pandemi.

    Direktur Operasi Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Julius Wiratno mengatakan progres Proyek Merakes telah mencapai 88,5 persen dari target penyelesaian.

    "Kami bersyukur saat ini kegiatan telah dapat dilaksanakan dengan lancar, sehingga progress proyek mencapai 88,5 persen atau hanya 1,5 persen lebih lambat dari target. Kami mengupayakan agar proyek dapat first gas di akhir April 2021,” kata Julius dalam keterangan resmi, Jumat, 19 Februari 2021.


    Pada 2021 Proyek Merakes ditargetkan akan menghasilkan gas sebesar 345 juta standar kaki kubik (MMSCFD). Produksi akan ditingkatkan, sehingga akan mencapai puncak produksi gas pada 2022 menjadi 368 MMSCFD. Gas dari lapangan ini nantinya akan dialirkan ke Kilang LNG Bontang, untuk memenuhi komitmen pasar yang telah ada.

    Pembangunan proyek Merakes dimulai pada 2019 dengan menelan investasi sebesar USD1,3 miliar. Capaian kinerja keselamatan kerja, kesehatan dan lindungan lingkungan (K3LL) proyek Merakes sangat baik.

    Hingga 5 Februari 2021, Proyek Merakes telah mencatatkan 1,03 juta jam kerja tanpa kecelakaan kerja (zero accident). Ini menunjukkan kemampuan industri hulu migas nasional menjaga kinerja K3LL dengan sangat baik.

    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id