Sri Mulyani Ungkap Upaya Pemerintah untuk Bangkitkan Kembali Ekonomi Bali

    Eko Nordiansyah - 08 April 2021 15:19 WIB
    Sri Mulyani Ungkap Upaya Pemerintah untuk Bangkitkan Kembali Ekonomi Bali
    Bali. Foto : MI/Ramdani.



    Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebut Bali sebagai salah satu provinsi yang mengandalkan pariwisata cukup terpukul imbas pandemi covid-19. Bahkan tahun lalu pertumbuhan ekonomi Bali harus kontraksi 9,31 persen.

    Ia menyebut diperlukan strategi revitalisasi dan diversifikasi ekonomi agar Bali tidak hanya mengandalkan pariwisata sebagai satu-satunya sumber ekonomi. Diversifikasi dibutuhkan untuk menjaga ketahanan dan keberlanjutan perekonomian ke depan.






    "Untuk bangkit pasca pandemi covid-19, Provinsi Bali harus merevitalisasi sektor pariwisata sebagai sektor unggulan, namun dengan tetap mengusahakan diversifikasi," kata dia dalam webinar Bali Economic and Investment Forum 2021, Kamis, 8 April 2021.

    Untuk merevitalisasi sektor pariwisata, perlu penerapan standar Cleanliness, Health, Safety, Environmental Sustainability (CHSE) yang disertai pemantauan dan evaluasi berkala. Selain juga perlu diversifikasi wisata minat khusus dan budaya termasuk kuliner.

    Ia menambahkan revitalisasi juga dilakukan melalui peningkatan kualitas dan tata kelola infrastruktur penunjang pariwisata, peningkatan koordinasi pengelolaan arus pariwisata, serta penguatan rantai pasok pariwisata yang melibatkan berbagai sektor.

    Menurutnya, peningkatan kualitas pemasaran pariwisata perlu didukung integrasi pemasaran dan layanan wisata berbasis digital serta diplomasi ekonomi. Disamping itu, tetap diperlukan diversifikasi sektor selain pariwisata yang bisa berkontribusi bagi perekonomian.

    "Karena ini menunjukkan bahwa dalam situasi ini, dengan daya inovasi yang besar termasuk ekspor di berbagai bidang yang saya lihat cokelat, merupakan suatu hal yang luar biasa. Kami berharap perekonomian Bali bisa dihidupkan kembali," pungkasnya.


    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id