Pertamina Tunggu Titah Pemerintah untuk Hapus Premium

    Suci Sedya Utami - 16 November 2020 20:01 WIB
    Pertamina Tunggu Titah Pemerintah untuk Hapus Premium
    BBM Premium. Foto : MI/Panca.
    Jakarta: PT Pertamina (Persero) merespon kabar mengenai rencana penghapusan penyaluran bahan bakar minyak (BBM) jenis premium di Jawa, Madura, dan Bali (Jamali) per Januari 2021.
     
    Perseroan mengatakan kebijakan penyaluran premium merupakan kewenangan pemerintah. Oleh karenanya Pertamina pun akan mengikuti arahan pemerintah terkait penyaluran premium sebagai bentuk penugasan, termasuk jika pemerintah menghentikan penugasan tersebut maka Pertamina pun akan mengikutinya.

    "Kebijakan penyaluran  premium sepenuhnya merupakan kewenangan pemerintah. Pertamina akan menyalurkan selama masih ada penugasan," kata Pjs VP Corporate Communications Pertamina, Heppy Wulansari pada Medcom.id, Senin, 16 November 2020.

    Selain itu, Pertamina mendorong masyarakat agar menggunakan Bahan Bakar Minyak (BBM) yang lebih ramah lingkungan dan berkualitas tinggi. Hal itu bertujuan untuk menciptakan udara bersih dan sehat serta berpengaruh pada performa kendaraan.
     
    "Karena BBM dengan RON lebih tinggi akan berdampak positif bagi mesin kendaraan dan emisi gas buangnya lebih rendah sehingga berdampak pada udara yang lebih bersih," tutur Heppy.

    Selain edukasi, Pertamina juga memberikan stimulus berupa promo-promo BBM kepada konsumen agar tergerak untuk mencoba BBM dengan kualitas lebih baik dan merasakan dampaknya ke mesin kendaraan, antara lain melalui Program Langit Biru.

    "Program Langit Biru juga sejalan dengan komitmen Pemerintah Indonesia dalam nationally determined contribution (NDC) untuk menurunkan emisi hingga 29 persen pada 2030 yang merupakan tindak lanjut Paris Agreement," ujar dia.

    Pertamina mencatat, secara umum konsumsi Premium dari tahun ke tahun terus mengalami penurunan. Artinya animo masyarakat terhadap BBM dengan RON yang lebih tinggi sudah semakin baik.

    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id