Top 5 Terpopuler Sepekan, Utang RI Paling Disorot

    Nia Deviyana - 18 Oktober 2020 12:31 WIB
    Top 5 Terpopuler Sepekan, Utang RI Paling Disorot
    Ilustrasi. Foto: Antara/Sigid Kurniawan
    Jakarta: Berita populer pada pekan ini datang dari berbagai isu, utamanya terkait fundamental perekonomian dalam negeri yang terimbas covid-19.

    Rilis utang luar negeri Indonesia oleh Bank Dunia menjadi sorotan. Dalam rilisnya, Indonesia berada di posisi ketujuh dengan utang mencapai USD402,08 miliar atau sekitar Rp5.940 triliun (kurs Rp 14.775) di 2019.

    Kemudian ada proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia yang diperkirakan semakin dalam dari perkiraan sebelumnya.

    Berita terkait Menteri Keuangan Sri Mulyani yang kembali meraih penghargaan sebagai Finance Minister of the Year for East Asia Pacific 2020 oleh Majalah Global Markets berada di urutan ketiga berita terpopuler. Ini merupakan penghargaan kedua yang diterima oleh Sri Mulyani dari majalah yang sama, setelah terakhir pada 2018 memperoleh penghargaan serupa.

    Sementara itu, manfaat UU Cipta Kerja di sektor perkoperasian dan konsorsium BUMN dalam membangun pabrik lithium berada di urutan keempat dan kelima.

    Medcom.id merangkum lima berita yang menjadi topik populer dalam sepekan. Rangkuman ini sebagai referensi bagi pembaca yang memantau isu ekonomi terkini.

    1. Utang RI Masuk 10 Besar di Dunia, Hampir Rp6 Ribu Triliun

    Bank Dunia merilis daftar 10 negara yang memiliki utang luar negeri terbesar dalam laporan International Debt Statistics (IDS) 2021. Indonesia berada di posisi ketujuh dengan utang mencapai USD402,08 miliar atau sekitar Rp5.940 triliun (kurs Rp14.775) di 2019.

    Baca berita selengkapnya di sini.

    2. IMF Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi RI Turun ke -1,5% di 2020

    Dana Moneter Internasional (IMF) memproyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia akan terkontraksi sebesar minus 1,5 persen di 2020. Proyeksi ini lebih rendah dibandingkan dengan prediksi sebelumnya yaitu minus 0,3 persen.

    Baca berita selengkapnya di sini.

    3. Sri Mulyani Kembali Jadi Menkeu Terbaik Asia Timur dan Pasifik 2020

    Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati kembali meraih penghargaan sebagai Finance Minister of the Year for East Asia Pacific 2020 oleh Majalah Global Markets. Ini merupakan penghargaan kedua yang diterima oleh Sri Mulyani dari majalah yang sama, setelah terakhir pada 2018 memperoleh penghargaan serupa.

    Baca berita selengkapnya di sini.

    4. UU Cipta Kerja Ubah Bisnis Koperasi Lebih Modern

    Undang-Undang (UU) Cipta Kerja tidak hanya mengatur kemudahan perizinan pembentukan koperasi. UU Cipta Kerja turut mengubah konsep bisnis koperasi menjadi lebih modern dengan pendekatan digitalisasi.

    Baca berita selengkapnya di sini.

    5. Konsorsium BUMN Bangun Dua Pabrik Baterai Senilai Rp174 Triliun

    Mining Industry Indonesia (MIND ID) menyatakan konsorsium perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) akan membangun dua proyek hilirisasi nikel menjadi baterai.
     
    Konsorsium tersebut yakni PT Aneka Tambang Tbk (Antam) yang merupakan anak usaha MIND ID, PT Pertamina (Persero), dan PT PLN (Persero).

    Baca berita selengkapnya di sini.
     

    (DEV)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id