Tingkatkan Pelayanan, KAI Perkuat Inovasi Model Bisnis

    Suci Sedya Utami - 30 Oktober 2020 12:52 WIB
    Tingkatkan Pelayanan, KAI Perkuat Inovasi Model Bisnis
    Ilustrasi Stasiun Tanah Abang - - Foto: Medcom/ Arga Sumantri
    Jakarta: PT Kereta Api Indonesia (Persero) memperkuat inovasi model bisnis demi meningkatkan pelayanan bagi masyarakat. Salah satunya mengembangkan kawasan Stasiun dan Integrasi Layanan dengan taksi Blue Bird.

    VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan Stasiun Terpadu Tahap I hasil kolaborasi KAI dengan Pemprov DKI Jakarta dan PT MRT Jakarta (Perseroda) diresmikan pada 17 Juni lalu. Adapun penataan dilakukan pada Stasiun Tanah Abang, Sudirman, Pasar Senen, dan Juanda.

    “Penataan ini dilakukan untuk memberikan kenyamanan kepada para pengguna kereta api saat akan menuju dan tiba di stasiun. Karena setelah ditata, akses menuju stasiun lebih teratur dan dilengkapi integrasi antarmoda yang baik,” kata Joni dalam keterangan resmi, Jumat, 30 Oktober 2020.

    Dengan adanya integrasi antarmoda tersebut. ia berharap semakin banyak masyarakat yang menggunakan transportasi umum. Keberadaan Stasiun Terpadu juga dipercaya akan meningkatkan nilai dari kawasan di sekitar stasiun.

    Pengembangan juga dilakukan di Stasiun Pondok Ranji, Tangerang. KAI kali ini bersinergi dengan PT Jaya Real Property Tbk agar Stasiun Pondok Ranji memiliki akses langsung ke wilayah perumahan Bintaro Jaya.

    Stasiun yang terpadu ini akan membuat mobilitas masyarakat menjadi lebih efisien, mengurangi kemacetan, dan meningkatkan nilai masing-masing kawasan.

    Konsep kerja sama antara pengembang perumahan dengan KAI ini juga diterapkan pada stasiun-stasiun lainnya untuk peningkatan pelayanan kepada masyarakat.

    Untuk penataan dan pengembangan stasiun, inovasi model bisnis juga KAI menghadirkan dalam layanan angkutan penumpang dan barang. Sejak 16 September lalu, KAI memberikan layanan Last Mile atau transportasi lanjutan dengan menggandeng PT Blue Bird Tbk. Dengan adanya integrasi layanan ini, perseroan mencoba memberikan aksesibilitas ekstra bagi para pelanggan KA Jarak Jauh yang menggunakan aplikasi KAI Access dan pelanggan Rail Express.

    Pelanggan KA Jarak Jauh akan mendapatkan opsi untuk memesan layanan taksi Bluebird pada aplikasi KAI Access langsung ada saat pemesanan tiket. Hadirnya layanan ini akan memberikan kepastian dan kenyamanan lebih bagi penumpang untuk melakukan perjalanan hingga tujuan akhirnya.

    Sementara bagi pelanggan Rail Express, barang yang dikirim dapat langsung di pick-up oleh taksi Blue Bird dari stasiun kedatangan langsung ke tujuan akhir pengiriman. Sehingga penerima barang tidak perlu repot-repot datang ke stasiun untuk mengambil barangnya.

    "Berbagai Inovasi model bisnis tersebut diharapkan dapat memberikan nilai tambah bagi pelanggan, sehingga BUMN mampu menjadi penggerak perekonomian nasional,” tutup Joni.

    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id