Menparekraf Janji Geliatkan Kembali Industri Film Nasional

    Suci Sedya Utami - 13 April 2021 12:38 WIB
    Menparekraf Janji Geliatkan Kembali Industri Film Nasional
    Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno - - Foto: MI/ Ramdani



    Jakarta: Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menggulirkan kampanye #KembaliKeBioskop sebagai upaya menghidupkan kembali roda perekonomian pelaku industri film Tanah Air.

    Sebab sebelumnya seluruh bioskop harus ditutup akibat pandemi covid-19. Setelah dibuka kembali pada 23 Februari lalu, film Indonesia berhasil menarik 390.409 penonton di bioskop.

     



    Menparekraf Sandiaga Uno mengaku optimistis angka ini akan terus bergerak naik dan jumlah penonton film Indonesia akan kembali bangkit.


    “Mudah-mudahan industri perfilman yang tahun 2019 sempat naik daun dengan 52 juta penonton bioskop, tapi langsung menurun di 2020, dapat bangkit lagi dan harapannya bisa menambah multiplier effect,” ujar Sandiaga dilansir dari laman resmi Kemenparekraf, Selasa, 13 April 2021.

    Sandiaga memastikan standar protokol kesehatan di bioskop sudah diterapkan dengan baik. Hal ini terlihat dari pemeriksaan suhu tubuh di pintu masuk, proses antre tiket, pembayaran makanan dan minuman secara cashless, serta papan informasi.

    Semua proses tersebut telah dilakukan dengan physical distancing yang baik. Termasuk ketersediaan hand sanitizer di setiap sudut, dan kesiapan para staf bioskop lengkap dengan alat pelindung diri, seperti memakai sarung tangan, masker, serta face shield.

    Di samping itu, Sandiaga juga berjanji akan menghadirkan kebijakan yang tegas dalam memberantas pembajakan dengan melibatkan kepolisian, kejaksaan, termasuk pengadilan tinggi. Di sisi lain, ia akan memberikan kemudahan bagi pelaku industri kreatif dalam menjalankan proses syuting.

    "Hal ini masih work in progress statusnya. Lalu, stimulus untuk industri film juga masih dalam progress. Begitupun dengan insentif untuk tax rebate, karena ini ranahnya ada di pemerintah daerah jadi akan kita monitor," ujar Sandiaga.


    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id