comscore

PPKM Luar Jawa Bali Diperpanjang hingga Akhir Februari 2022

Eko Nordiansyah - 14 Februari 2022 16:47 WIB
PPKM Luar Jawa Bali Diperpanjang hingga Akhir Februari 2022
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. Foto: Medcom.id.
Jakarta: Pemerintah kembali memperpanjang penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di luar Jawa Bali selama dua pekan. Kebijakan PPKM ini akan mulai berlaku mulai 15-28 Februari 2022.

"Perpanjangan PPKM luar Jawa Bali yaitu periode pelaksanaan selama 14 hari ke depan, dari 15-28 Februari 2022," kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam video conference, Senin, 14 Februari 2022.
Adapun kriteria level asesmen PPKM dilakukan berdasarkan situasi pandemi, yaitu jumlah kasus, kematian, rawat inap, dan kapasitas respons, ditambah realisasi vaksinasi dosis 2 minimal 45 persen dan vaksinasi lansia minimal 60 persen.

Dengan kriteria tadi, ia mengatakan ada kenaikan jumlah kabupaten/kota dari level asesmen sebelumnya. Sebanyak 63 kabupaten/kota berada di level 1, kemudian 205 kabupaten/kota di level 2, dan 118 kabupaten/kota di level 3, dan nol di level 4.

"Ini murni untuk mempersiapkan menghadapi kenaikan Omicron dalam dua-tiga minggu ke depan," ungkapnya.

Airlangga menambahkan, saat ini kasus aktif di luar Jawa Bali masih relatif rendah karena hanya 13,9 persen dari kasus nasional. Meskipun demikian pemerintah terus mempersiapkan kemungkinan lonjakan kasus akibat penyebaran Omicron.

"Kita akan memonitor dua sampai minggu ke depan yang kemungkinan angkanya akan meningkat lagi karena seperti kita ketahui luar Jawa Bali biasanya lagging dari Jawa Bali," pungkas dia.

(AHL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id