comscore

Tangan Dingin Erick Thohir Buat BUMN Tutup Tahun dengan Kinerja Memuaskan

Nia Deviyana - 26 Desember 2021 19:20 WIB
Tangan Dingin Erick Thohir Buat BUMN Tutup Tahun dengan Kinerja Memuaskan
Menteri BUMN Erick Thohir. Foto: MI/ Pius Erlangga
Jakarta: Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) berhasil menutup tahun dengan kinerja yang cukup memuaskan. Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan perjuangannya dalam melakukan transformasi dan inovasi di BUMN mampu membuahkan hasil.

Kendati terdampak pandemi covid-19, Erick bilang BUMN sudah berhasil memberikan kontribusi positif kepada negara. Tercatat di 2020, total kontribusi BUMN terhadap negara mencapai sekitar Rp375 triliun.
Pada 2021, kontribusi tersebut diproyeksikan meningkat. Hal ini terlihat dari peningkatan laba bersih yang dimiliki oleh BUMN. Di kuartal III-2021, jelas Erick, BUMN berhasil membukukan laba bersih sebesar Rp61 triliun atau naik signifikan yang pada 2020 total laba bersih berada di angka Rp13 triliun.

"Saya yakin dua tahun terakhir ini kita bekerja luar biasa. Buktinya apa? Kalau kita lihat persepsi publik terhadap BUMN sekarang makin positif. Hasil keuangan terlihat, dengan efisiensi dengan perubahan bisnis model, dengan mengangkat orang-orang profesional laba bersih terkonsolidasi BUMN tahun kemarin Rp13 triliun, hari ini kuartal III (2021) sudah Rp61 triliun," tutur Erick melalui keterangan tertulisnya, Minggu, 26 Desember 2021.

Erick melanjutkan, pembentukan holding untuk efisiensi dan meningkatkan efektifitas dalam pengelolaan perusahaan juga menjadi terobosan. Dengan terbentuknya sinergi antar anak perusahaan melalui koordinasi, pengendalian, serta pengelolaan yang dilakukan oleh induk perusahaan dapat memperkuat keuangan, aset, dan prospek bisnis.

Pengalihan polis Jiwasraya


Dia juga mengapresiasi keberhasilan proses pengalihan polis nasabah eks PT Asuransi Jiwasraya (Jiwasraya) ke PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life).

Proses pengalihan ini, dia bilang, dimulai dengan langkah proaktif perusahaan yang akan menghubungi setiap nasabah untuk menyelesaikan proses pengalihan sesuai dengan persyaratan dan ketentuan yang tertera pada setiap polis.

"Tak hanya itu, Kementerian BUMN juga berkolaborasi dengan Kementerian Koperasi dan UKM dan Kementerian Investasi. Terobosan terlahir untuk memudahkan penerbitan Nomor Induk Berusaha (NIB) Usaha Mikro dan Kecil (UMK) Perseorangan," paparnya.

Selanjutnya, Erick mengatakan BUMN juga memberdayakan UMKM lokal dengan memberikan berbagai dukungan untuk mengembangkan bisnis. Hal ini dilakukan BUMN sebagai bentuk komitmen pemerintah untuk mendorong perkembangan dan kemajuan UMKM sebagai ujung tombak pertumbuhan ekonomi Indonesia.

"Maka tak heran, BUMN juga menerima penghargaan Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) atas kiprahnya dalam mendukung persaingan usaha yang sehat mengingat keberpihakan pada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM)," pungkasnya.

(DEV)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id