Perilaku Konsumen Berubah, Aplikasi Digital Makin Diminati

    Eko Nordiansyah - 25 September 2020 19:46 WIB
    Perilaku Konsumen Berubah, Aplikasi Digital Makin Diminati
    Ilustrasi aplikasi Gojek Indonesia - - Foto: MI/ Ramdani
    Jakarta: Pandemi covid-19 menyebabkan terjadinya perubahan yang signifikan terhadap perilaku konsumen. Perubahan itu terjadi pada aktivitas belanja secara online dan penggunaan aplikasi berbasis digital.

    Dalam survei sebuah lembaga yang berbasis di Singapura, Blackbox, bersama Toluna bertajuk 'Into The Light: Understanding What Has Changed for Consumers During Covid-19', aplikasi Gojek dari PT Aplikasi Anak Bangsa mendapat respons positif dari masyarakat.

    Gojek dalam studi itu muncul sebagai brand lokal yang paling digemari karena paling membantu konsumen, memberi solusi bagi kebutuhan konsumen, dan proaktif dalam melakukan inisiatif positif selama krisis pandemi covid-19.

    International Commercial Director of Blackbox Research Yashan Cama mengatakan dukungan bagi brand Gojek sebagian besar dikarenakan pemakaian berbagai layanan yang tercakup dalam ekosistem Gojek maupun mitranya sangat umum di Indonesia.

    "Gojek adalah contoh nyata bagaimana rasa nasionalisme itu menjadi salah satu faktor yang dipertimbangkan dalam pemilihan brand oleh konsumen. Konsumen mulai berpikir untuk mendukung kemajuan perekonomian negaranya dan hal itu ditunjukkan dari brand yang dipilihnya dalam berbelanja," katanya dalam keterangan tertulisnya, Jumat, 25 September 2020.

    Menurut survei tersebut, kecintaan konsumen terhadap brand lokal, seperti Gojek semakin menguat selama pandemi. Sebanyak delapan dari 10 responden atau 91 persen mengaku lebih memilih brand asli Indonesia daripada brand asing.

    "Lagipula, ini bukan soal dukungan bagi brand lokal saja, tapi juga menunjukkan bagaimana sebuah brand lokal bisa berdampak signifikan bagi bangsanya melalui dukungannya terhadap perekonomian. Inilah mengapa masyarakat Indonesia ingin Gojek bisa terus bertahan maju," jelas Yashan.

    Adapun survei ini melibatkan 4.780 responden di  Singapura, Malaysia, Indonesia, Vietnam, Thailand, dan Filipina. Untuk brand terfavorit di Indonesia, Gojek disandingkan bersama Google dan Unilever.

    "Untuk itu, perusahaan asing yang ingin berkompetisi di ranah lokal, mereka perlu mengkaji portofolio brand mereka dan sungguh-sungguh mempertimbangkan bagaimana mereka dapat melokalisasi brand mereka agar dapat mewakili nilai-nilai yang paling diapresiasi oleh konsumen Indonesia," pungkasnya.  


    (Des)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id