Tak Ada Kata Lain Selain Impor Gula

    Amaluddin - 13 Maret 2020 18:18 WIB
    <i>Tak Ada Kata Lain Selain Impor Gula</i>
    Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, Hasan Aminuddin. (Medcom.id/Amal)
    Surabaya: Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, Hasan Aminuddin mendesak pemerintah segera impor gula. Jika tidak, kelangkaan gula di Indonesia makin hari akan semakin langka.

    "Hari ini pemerintah sudah harus impor gula, karena tidak ada jawaban lagi. Apalagi di gudang Bulog di seluruh Indonesia memang sudah tidak ada, sudah kosong," kata politikus Partai NasDem itu, di Surabaya, Jumat, 13 Maret 2020.

    Akibat kelangkaan gula, lanjut Hasan, harga gula di pasaran mulai naik kisaran Rp18 ribu hingga Rp24 ribu per kilogram (kg). Sebelumnya sekitar Rp12 ribu per kg. Sementara gula hasil pertanian tidak mampu memenuhi kebutuhan rakyat, sehingga tidak ada solusi yang bisa diberikan selain impor.

    "Hasil laporan dari Bulog di daerah-daerah, memang sudah tidak ada stok gula sama sekali. Jadi memang tidak ada kata lain selain impor," kata Hasan.

    Baca: Kemendag Buka Keran Impor Gula 550 Ribu Ton

    Selain itu, Hasan berharap pemerintah juga membenahi manajemen, jika ingin melakukan budidaya gula. Saat ini, Hasan menilai manajeman gula di Indonesia cendrung masih ala-ala Belanda.

    "Sementara petani yang ingin bercocok tanam tebu selalu keluhannya pada rendemen. Rendemen mulai saya kecil sampai punya cucu selalu bunyinya di angka 6 sampai 7, tidak pernah di angka 9 dan 10," ujarnya.

    Bahkan, lanjut dia, subsidi yang telah diberikan pemerintah secara langsung tidak melalui asosiasi apapun. Agar seluruh subsidi yang diberikan pemerintah dari uang rakyat langsung kepada rakyat bisa dirasakan.

    "Tentunya memberikan subsidi langsung kepada rakyat, tidak melalui asosiasi. Pokoknya hapus adanya asosiasi tentang petani tebu," kata mantan Bupati Probolinggo dua periode ini.

    (ALB)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id