Efektivitas Kartu Prakerja Perlu Terukur Jelas

    Antara - 27 Mei 2020 21:27 WIB
    Efektivitas Kartu Prakerja Perlu Terukur Jelas
    Kartu prakerja. Foto : Setkab.
    Jakarta: Lembaga Indonesia for Global Justice (IGJ) menyatakan efektivitas dari program Kartu Prakerja harus terukur secara jelas dan perlu sosialisasi yang luas serta menyeluruh kepada seluruh kalangan masyarakat mengenai penerapannya.

    "Kartu Prakerja yang disiapkan oleh pemerintah menurut kami belum terukur secara jelas efektivitasnya, termasuk apa yang hendak dituju oleh pemerintah sendiri," kata Direktur Eksekutif IGJ Rachmi Hertanti dikutip dari Antara, Rabu, 27 Mei 2020.

    Menurut Rachmi, jika pemerintah mempersiapkan Kartu Prakerja untuk mempersiapkan SDM Indonesia menghadapi Industri 4.0, hal ini dinilai belum terbaca dalam skema yang diterapkan.

    Kemudian, lanjutnya, bila pemerintah mempersiapkan ini agar SDM di Tanah Air terampil dan dapat diserap oleh industri, terlihat juga ketidakselarasan antara industri mana yang akan menyerap jika tidak terjadi kecocokan antara kebutuhan industri dengan keahlian yang ditawarkan dalam Kartu Prakerja.

    "Bahkan jika dikaitkan dengan menumbuhkembangkan sektor UMKM, Kartu Prakerja belum menyediakan skema yang tepat," kata dia.

    Ia berpendapat bila Kartu Prakerja ini difungsikan sebagai bantuan sosial yang disediakan bagi pengangguran sebelum dia mendapatkan pekerjaan itu akan lebih efektif.

    Namun, menurut dia, hal itu harus terhubung dengan akses jaminan penyerapan tenaga kerja yang baik, yang dapat dilakukan dengan lebih efektif bila hal tersebut dihubungkan dengan Balai Latihan Kerja (BLK).

    "Bisa jadi Kartu Prakerja ini lebih efektif jika dihubungkan dengan BLK yang tersedia. BLK-lah yang menjembatani dengan pasar tenaga kerja yang dibutuhkan oleh industri sektor manufaktur maupun dan sektor jasa lainnya," jelas dia.

    Pada saat ini, ujar Rachmi, dengan skema daring belum tentu semua orang bisa mengaksesnya akibat gap pengetahuan dan teknologi.




    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id