Medco Yakin Konsumsi Listrik akan Bangkit

    Suci Sedya Utami - 03 Juli 2020 00:41 WIB
    Medco Yakin Konsumsi Listrik akan Bangkit
    Foto: dok MI.
    Jakarta: PT Medco Power Indonesia meyakini pasokan energi listrik masih tetap dibutuhkan untuk jangka menengah dan panjang. Kendati saat ini kebutuhan listrik mengalami penurunan di masa pandemi.

    Presiden Direktur Medco Power Indonesia Eka Satria mengatakan pihaknya masih tetap aktif menggarap beberapa proyek-proyek kelistrikan nasional terutama yang berasal dari energi terbarukan. Apalagi PT PLN (Persero) tetap meminta Medco untuk menyelesaikan proyek sesuai jadwal kendati ada pandemi.

    "Kita tahu ada penurunan demand, tapi long term tetap ada kenaikan. Memang ada lag-nya, jadi memang harus dipertimbangkan bagaimana kita menyiasati proyek-proyek ke depan yang didahulukan dan dimundurkan," kata Eka dalam webinar, Kamis, 2 Juli 2020.

    Ia mengatakan hal ini juga sesuai dengan upaya pemerintah untuk mengembangkan energi baru terbarukan. Sehingga ke depannya akan ada banyak sentra-sentra energi terbarukan baik yang beradal dari individu skala kecil dengan membangun rooftop solar panel maupun dari captive market.

    Dia bilang, pemerintah telah mengatur rumah tangga boleh untuk melakukan jual beli listrik dari pemasangan rooftop solar. Selain itu, pemerintah juga mendorong penggunaan lahan tambang untuk pembangkit listrik tenaga surya (PLTS).

    "Khusus buat grup kami untuk captive market-nya di Sumbawa kami akan pasang 25 megawatt. Sudah banyak sekarang ini industri yang bergerak untuk rooftop solar panel dan pasarnya sedang tumbuh dan ini merupakan salah satu peluang bisnis," tutur Eka.

    Ke depannya, lanjut dia, dibutuhkan kebijakan yang bisa mendorong penggunaan energi terbarukan di sektor kelistrikan. Misalnya saja dalam bentuk tarif. Sehingga dengan begitu target bauran energi terbarukan 23 persen di 2025 dapat tercapai.

    (AHL)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id