Sri Mulyani Ungkap Imbas Negatif Covid-19 ke Semua Sektor Ekonomi

    Eko Nordiansyah - 30 Juni 2020 16:28 WIB
    Sri Mulyani Ungkap Imbas Negatif Covid-19 ke Semua Sektor Ekonomi
    Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Foto: MI/Erlangga
    Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebutkan bahwa pandemi covid-19 memberi dampak negatif kepada hampir semua sektor ekonomi. Kondisi ini tentu berbeda dengan apa yang terjadi pada saat krisis-krisis sebelumnya.

    Sri Mulyani mencontohkan sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang biasanya menjadi bantalan ketika terjadi shock di ekonomi, kini juga merasakan dampaknya. Sektor UMKM maupun informal ikut mengalami tekanan yang sama.

    "Sekarang ini sektor UMKM dan informal pun terpukul karena covid-19 ini mensyaratkan orang tidak boleh atau membatasi interaksi," kata dia dalam video conference di Jakarta, Selasa, 30 Juni 2020.

    Menurutnya, hanya aktivitas yang bisa diganti secara online atau digital saja yang mampu bertahan selama masa pandemi ini. Sayangnya, daya beli masyarakat yang menurun akibat covid-19 berdampak kepada tertekannya perekonomian.

    Estimasi dampak covid, kita melihat pertama konsumsi masyarakat akan drop dan kita semua tahu konsumsi memengaruhi ekonomi hampir 60 persen, 59 persen. Kedua, dengan adanya ketidakpastian, investasi ikut melemah," jelas dia.

    Penurunan investasi ini berdampak pada melemahnya aktivitas perekonomian. Bahkan ekspor mengalami penurunan karena harga komoditas juga anjlok selama pandemi covid-19. Sementara sektor manufaktur juga terhambat karena menurunnya impor.

    "Kondisi ekonomi kita sangat dipengaruhi oleh situasi covid baik di Indonesia maupun seluruh dunia. Karenanya semua negara melakukan langkah-langkah untuk mengurangi penularan covid dengan langkah-langkah yang cukup drastis memengaruhi kegiatan sosial ekonomi," pungkasnya.
     



    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id