Babel Bangun Kawasan Konservasi Perairan Pulau Belitung

    Antara - 23 Juni 2020 16:20 WIB
    Babel Bangun Kawasan Konservasi Perairan Pulau Belitung
    Bangka Belitung. Foto : Medcom.
    Pangkalpinang: Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan membangun kawasan konservasi perairan Pulau Belitung. Pemerintah akan melindungi dan membangun sektor perikanan serta pariwisata berkelanjutan.

    "Alhamdulillah, Menteri Kelautan dan Perikanan sudah menyetujui pembangunan kawasan konservasi perairan Pulau Belitung ini," kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kepulauan Babel, Dasminto di Pangkalpinang dikutip dari Antara, Selasa, 23 Juni 2020.

    Ia mengatakan luasan kawasan konservasi Pulau Belitung ini sudah sesuai dengan alokasi RZWP-3K Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Rinciannya sebanyak 391.820,2 hektare (ha) kawasan konservasi di Perairan Kabupaten Belitung dan 124.550,5 ha di Perairan Kabupaten Belitung Timur.

    "Untuk mengelola kawasan konservasi yang 80 persen ada di Pulau Belitung, diperlukan suatu bentuk kelembagaan. Sehingga nantinya kawasan ini benar-benar dapat dikelola dengan baik," ujarnya.

    Kepala Bidang Pengelolaan Ruang Laut DKP Provinsi Kepulauan Babel Fhores Fherado mengatakan lokasi dengan jenis konservasi taman wisata perairan ini meliputi Pulau Selema, Pulau Kalambau, Pulau Bangkai, Pulau Pelemah, dan Pulau Tupai.

    "Pada pulau-pulau tersebut kondisi terumbu karang masih relatif baik dan pada zona inti kawasan yang dicadangkan, difokuskan kepada target konservasi yaitu terumbu karang, penyu, kerang kima, dan ikan napoleon," katanya.

    Menurut dia dengan adanya kawasan konservasi maka dapat meluruskan anggapan yang selama ini beredar di masyarakat bahwa pada kawasan konservasi tidak dapat dilakukan aktivitas apapun.

    Kawasan konservasi fungsinya melindungi pada zona inti yang luasnya 2,33 persen. Memang ada pembatasan, namun pada zona pemanfaatan dan zona perikanan berkelanjutan masih bisa dilakukan untuk kepentingan pariwisata maupun penangkapan dengan alat tangkap yang ramah lingkungan.

    "Harapannya masyarakat dapat mendukung, targetnya bulan depan keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan tentang Kawasan Konservasi Perairan Pulau Belitung sudah terbit," jelasnya.




    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id