Bukan Saatnya Memilih antara Kebijakan Ekonomi atau Mengendalikan Covid-19

    Annisa ayu artanti - 23 Juni 2021 11:52 WIB
    Bukan Saatnya Memilih antara Kebijakan Ekonomi atau Mengendalikan Covid-19
    Ilustrasi. Foto: Medcom.id



    Jakarta: Peneliti Center for Indonesian Policy Studies (CIPS) Pingkan Audrine Kosijungan menyatakan pemulihan ekonomi Indonesia sangat bergantung kepada kebijakan pengendalian covid-19 yang dijalankan pemerintah.

    Meningkatnya angka kasus positif covid-19 di banyak wilayah di Indonesia belakangan ini seharusnya mendorong pemerintah untuk lebih fokus dalam meningkatkan efektivitas kebijakan pengendalian pandemi yang sudah ada.

     



    "Sudah bukan saatnya pemerintah memilih antara kebijakan ekonomi atau kebijakan pengendalian kasus covid-19. Pemulihan ekonomi tidak akan terjadi jika pandemi tidak tertangani dengan maksimal," kata Pingkan dalam keterangan tertulis, Rabu, 23 Juni 2021.

    Ia mengungkapkan keselarasan antara kebijakan pengendalian pandemi dengan pemulihan ekonomi yang telah dilakukan pada kuartal I-2021 telah memperlihatkan hasil yang baik.

    Jumlah kasus covid-19 dalam rentang waktu Februari hingga awal Mei 2021 menurun sejalan dengan proses vaksinasi yang dimulai sejak 13 Januari 2021. Lalu, di periode tersebut kontraksi ekonomi menjadi 0,74 persen secara tahunan atau year-on-year (yoy).

    Oleh karena itu, menurutnya lebih baik pemerintah pusat dan daerah saat ini berfokus pada tiga proses utama yaitu menggenjot vaksinasi, sosialisasi kebijakan pembatasan, dan implementasi penegakan aturan yang tegas.

    Terlebih, dalam rapat terbatas penanganan covid-19 yang digelar 21 Juni lalu menemukan 87 kabupaten/kota di 29 provinsi dengan tingkat okupansi rumah sakitnya di atas 70 persen.
     
    "Untuk itu sangat penting bagi pemerintah untuk secara tegas dan konsisten mengkomunikasikan langkah-langkah yang ditempuh dengan jelas kepada masyarakat serta secara aktif menegakkan kebijakan pembatasan yang sudah diinstruksikan tersebut," ucapnya.

    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id