comscore

Gandeng AirAsia, Gojek Perkuat Investasi di Singapura dan Vietnam

Husen Miftahudin - 08 Juli 2021 19:05 WIB
Gandeng AirAsia, Gojek Perkuat Investasi di Singapura dan Vietnam
PT Aplikasi Karya Anak Bangsa (Gojek) terus memperkuat entitas bisnisnya di luar negeri. Foto: dok. MI
Jakarta: PT Aplikasi Karya Anak Bangsa (Gojek) terus memperkuat entitas bisnisnya di luar negeri. Di Thailand, Gojek sudah melakukan kemitraan strategis dengan AirAsia Group dengan menyerahkan operasional Gojek Thailand kepada Airasia Digital.

Melalui kemitraan ini, Gojek akan mendapatkan kepemilikan saham di super app AirAsia. Adapun nilai pasar super app AirAsia tersebut diperkirakan sebesar USD1 miliar atau setara Rp14,52 triliun (kurs Rp14.525 per USD).
Chief Executive Officer (CEO) Gojek Kevin Aluwi mengatakan kesepakatan ini merupakan bukti pencapaian tim Gojek di Thailand yang telah mengembangkan bisnis hingga menjadi penyedia layanan yang mempermudah hidup ratusan ribu orang di negara Thailand. Setelah kemitraan ini seluruh karyawan Gojek di Thailand akan terus bekerja sama dengan AirAsia di masa transisi.

"Kami bangga dan sangat berterima kasih atas semua pencapaian Gojek Thailand, serta kepada seluruh pelanggan, mitra driver, dan mitra merchant yang selalu setia. Mereka lah yang selalu menjadi fokus dari apa yang kami lakukan," ujar Kevin dalam keterangan resminya, Kamis, 8 Juli 2021.

Kevin menjelaskan, AirAsia Digital dan super app AirAsia akan menjadi mitra berharga bagi Gojek. Kedua pihak memiliki tujuan yang sama untuk memberikan layanan yang lebih baik kepada pelanggan dan terus berusaha meningkatkan kesejahteraan hidup mitra driver dan mitra merchant.

Bersamaan dengan kolaborasi tersebut, Gojek juga mengumumkan untuk meningkatkan investasi strategisnya di Singapura dan Vietnam. Kedua pasar ini akan menjadi sentra pertumbuhan yang kuat untuk bisnis Gojek ke depan, di mana Gojek akan menjalankan sejumlah inisiatif untuk meningkatkan jumlah mitra driver dan mitra merchant, meningkatkan pengalaman pelanggan, serta meluncurkan produk dan layanan baru.

"Kesepakatan ini (dengan AirAsia) memungkinkan kami untuk memperkuat fokus dan investasi kami di pasar internasional, yaitu Vietnam dan Singapura. Kedua pasar tersebut memberi pengembalian investasi (return on investment) secara optimal dengan peluang pertumbuhan strategis terbaik," paparnya.

Aplikasi Gojek akan tetap dapat digunakan pelanggan di Bangkok hingga 31 Juli 2021. Hal ini untuk memastikan keberlangsungan bagi mitra driver dan merchant yang akan diajak bergabung ke dalam super app AirAsia dalam beberapa pekan mendatang.

AirAsia akan bekerja sama dengan tim lokal Gojek Thailand yang akan mengoperasikan bisnis Gojek selama masa transisi sebelum beralih ke super app AirAsia, membawa keahlian mengenai pasar lokal, dan pemahaman mendalam tentang kebutuhan pelanggan di Thailand.

CEO AirAsia Group Tony Fernandes menyampaikan bahwa pengumuman ini merupakan awal dari kemitraan strategis jangka panjang dengan Gojek yang akan menggebrak industri. Dengan mengambil alih bisnis Gojek yang sudah mapan di Thailand, Tony berharap dapat mempercepat terwujudnya ambisi bisnis AirAsia untuk menjadi super app penantang terdepan di ASEAN.

"Kami telah memiliki ekosistem ekonomi digital yang mumpuni. Kami telah berhasil meluncurkan lebih dari 15 lini bisnis di luar maskapai penerbangan dan beragam layanan gaya hidup di platform e-commerce digital kami di Malaysia. Sekarang adalah momen yang tepat bagi kami untuk melanjutkan ke tahap selanjutnya," pungkas Tony.

(DEV)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id