Erick Thohir Paparkan Rencana Pengembangan Sarinah dan Smesco

    Suci Sedya Utami - 17 Agustus 2020 08:44 WIB
    Erick Thohir Paparkan Rencana Pengembangan Sarinah dan Smesco
    Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir. Foto: Medcom.id/Suci Sedya Utami
    Jakarta: Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir ingin menghapus stigma yang memandang adanya persaingan antara Sarinah dan Smesco. Erick justru menginginkan agar Sarinah dan Smesco bersinergi dalam mendorong Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Tanah Air.

    "Jangan Sarinah sama Smesco bersaing, kita mau sinergikan," kata Erick dalam virtual talkshow bertema How SOE's Boost Creative SME's, Minggu, 16 Agustus 2020.

    Erick mengatakan ke depan Sarinah akan menjadi fasilitas trading atau lapak-lapak untuk menampung UMKM lokal berdagang, sedangkan Smesco akan digunakan sebagai fasilitas untuk memberikan pelatihan atau coaching pada UMKM untuk mengembangkan bisnisnya.

    Ia bilang hal ini pun telah disepakati dengan Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki. Erick mengatakan Teten dan tim Kemenkop nantinya akan fokus untuk memberikan coaching ketimbang menyediakan galeri jualan di Gedung Smesco.

    Kolaborasi tersebut dibukukan dalam kesepakatan bersama antara Kementerian BUMN dengan Kementerian Koperasi dan UKM tentang pengembangan dan pembinaan Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (KUMKM).

    Ruang lingkup kesepakatan bersama ini antara lain meliputi pendampingan dan pengembangan SDM, penyediaan bahan baku, logistik, dan pemasaran secara tidak terbatas melalui digital platform. Sumber daya yang dimiliki BUMN yang tersebar pada berbagai wilayah di Indonesia dapat dioptimalisasi dalam upaya pengembangan UMKM termasuk koperasi.

    "Silakan optimalkan kanal-kanal BUMN, asalkan untuk pengembangan UMKM, saya sangat mendukung. Karena memang BUMN untuk Indonesia," tutur Erick.

    Erick menegaskan setelah penandatanganan kesepakatan bersama tersebut harus ada tindak lanjut yang konkrit. Ia berharap kesepakatan tersebut akan melahirkan berbagai kerja sama sehingga membentuk suatu ekosistem dalam negeri melalui kolaborasi antar instansi.

    "Pembangunan ekosistem dalam negeri melalui kolaborasi antar Kementerian, Lembaga, BUMN, BUMD, BUMDes, swasta dan mitra strategis akan menguatkan kemandirian, ditambah dengan rasa bangga atas kemampuan sendiri merupakan modal besar dalam meningkatkan nilai ekonomi menuju Indonesia maju," pungkas Erick.

    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id