Covid-19, Pekerja Migran Luar Negeri Perlu Dapat Perlindungan Sosial

    Suci Sedya Utami - 01 Mei 2020 19:07 WIB
    Covid-19, Pekerja Migran Luar Negeri Perlu Dapat Perlindungan Sosial
    Ilustrasi pekerja migran - - Foto: Fox News
    Jakarta: Peneliti Center for Indonesian Policy Studies (CIPS) Pingkan Audrine Kosijungan menilai pemerintah perlu memberikan perlindungan sosial kepada pekerja migran di luar negeri lewat skema penyaluran bantuan.

    Sebab, pemberlakuan lockdown atau karantina wilayah di beberapa negara berimbas pada pekerja migran. Hal ini membuat tak sedikit dari pekerja migran Indonesia yang kehilangan pekerjaannya.

    “Pemerintah perlu mempertimbangkan untuk memasukkan para pekerja migran ini ke dalam program perlindungan sosial," katanya dalam keterangan, Jumat, 1 Mei 2020.

    Menurutnya pemerintah bisa memberikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) atau bantuan dalam bentuk bahan pangan yang bisa diakses lewat transaksi elektronik. Begitu pula di kantor-kantor kedutaan besar Republik Indonesia di negara masing-masing maupun kantor konsulat jendral yang terdekat dengan tempat pekerja migran.

    Selain itu, pemerintah perlu memeriksakan status kesehatan mereka sekaligus melakukan verifikasi data pekerja migran di negara tersebut. Ini diperlukan untuk memutakhirkan dan memetakan wilayah persebaran pekerja migran.

    "Pekerja migran yang baru kembali ke Tanah Air termasuk ke dalam golongan yang rentan, baik secara kesehatan maupun keuangan. Mereka perlu mendapatkan penanganan secara kesehatan untuk memastikan status kesehatannya dan juga secara finansial supaya mereka tetap bisa berdaya secara ekonomi," pungkas dia.

    Adapun lima negara tujuan kerja para pekerja migran dengan jumlah remitansi terbesar 2019. Antara lain Arab Saudi dengan USD3,803 miliar, Malaysia dengan USD3,252 miliar, Taiwan dengan USD1,574 miliar, Hong Kong dengan USD1,229 miliar dan Singapura dengan USD355 juta.


    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id