Pengembangan Bisnis Jangan Tunggu Virus Korona Selesai

    Ilham wibowo - 04 April 2020 07:47 WIB
    Pengembangan Bisnis Jangan Tunggu Virus Korona Selesai
    Ilustrasi. FOTO: Medcom.id
    Jakarta: Pakar marketing sekaligus Founder and Chairman MarkPlus Inc Hermawan Kartajaya meyakini masih ada celah agar bisnis tetap bertahan, bahkan bertumbuh walau situasi sulit. Perusahaan perlu survive sekaligus bersiap untuk memanfaatkan peluang selepas pandemi.

    "Kita tidak tunggu sampai korona selesai, kita harus berani berikan asumsi, berani berikan apa-apa yang menjadi panduan. Kalau berubah ya berubah profesional dan entrepreneur," kata Hermawan, dalam seminar virtual, Jumat, 3 April 2020.

    Seorang profesional dan entrepreneur bisa melihat peluang dan menilai ancaman berbahaya. Dalam mempertahankan bisnisnya, pengetahuan harus mencakup pengeluaran mana yang bisa dihemat dan pemasukan mana yang bisa dipertahankan.

    "Mindset kita perlu berubah, jangan pada saat krisis kita harapkan mukzizat, karena itu kita menentukan market dan dalam krisis ini, jangan tiru perusahaan multinasional dan starup," ungkapnya.

    Menurutnya penyebaran virus korona yang kemudian disambut pemerintah dengan menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) saat ini telah mengubah cara berbisnis di Tanah Air. Perubahan tersebut lantas perlu disambut dengan inovasi produk yang cepat dan mengedepankan kebutuhan konsumen.

    "Services process adalah value, bagaimana melihat pasar costumer; mana yang disasar lebih dahulu, mana yang paling sensitif; bedakan mana yang loyal dan cerewet; bedakan perlakuan anda kepada costumer yang the best, good dan ugly; segmentasi dipertajam," paparnya.

    Hermawan yakin perusahaan atau brand yang tetap inovatif serta mempertahankan kualitas layanannya akan semakin bertumbuh pasca covid-19. Pasalnya mereka akan tetap diingat karena manuver dan strategi loyalnya kepada konsumen.

    "Krisis itu seperti tikungan, pada saat berada di tikungan kalau brand besar yang tidak bertahan bisa disalib brand yang kecil," pungkasnya.



    (ABD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id