KEK Singhasari Menuju 'Silicon Valley' Indonesia

    Daviq Umar Al Faruq - 11 Oktober 2020 08:12 WIB
    KEK Singhasari Menuju <i>'Silicon Valley'</i> Indonesia
    KEK. Foto ; AFP.
    Malang: Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Singhasari di Kabupaten Malang, Jawa Timur ditargetkan menjadi Silicon Valley dari Indonesia. Silicon Valley sendiri merupakan julukan bagi daerah selatan di San Francisco Bay Area, California, Amerika Serikat yang memiliki banyak perusahaan di bidang komputer dan semikonduktor.

    "Ini akan menjadi, The Next Silicon Valley di Indonesia. Tapi kita jangan terjebak dalam pemaknaan Silicon Valley, akan tetapi konsep ini adalah menjadi ekosistem yang melahirkan produk-produk mendunia, melahirkan SDM pemimpin industri dunia, ini yang menjadi pemaknaan Silicon Valley," kata Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Wikan Sakarinto, di Malang, Jawa Timur, Sabtu, 10 Oktober 2020.

    Oleh karena itu, Kemendikbud melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Pendidikan Vokasi menggandeng Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Singhasari terkait kerja sama sektor pendidikan vokasi dengan dunia usaha dan dunia industri (DUDI). Kerja sama ini dilakukan agar kemajuan dunia pendidikan dapat selaras dengan perkembangan industri.

    "Semoga ini menjadi satu ekosistem yang kuat, lebih dari sekadar Silicon Valley di Amerika, yang akan menguatkan produk pengusaha kita, menguatkan martabat bangsa kita, dan SDM kita untuk memimpin industri dunia," ungkapnya.

    KEK Singhasari merupakan KEK pertama di bidang pengembangan teknologi yang ditetapkan melalui Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 68 Tahun 2019. Hal tersebut sesuai dengan arahan Presiden RI Joko Widodo untuk pembangunan Indonesia lima tahun ke depan, di antaranya prioritas pada pembangunan SDM.

    Oleh sebab itu, KEK Singhasari pun telah siap untuk berkontribusi aktif dalam pembangunan SDM, menjadi bagian dalam transformasi ekonomi, berperan aktif dalam memfasilitasi pendidikan vokasi yang berdampingan dan berorientasi pada DUDI, serta melengkapi generasi milenial Indonesia dengan emerging skills.

    Dengan aktivitas ekosistem digital yang terintegrasi di KEK Singhasari maka diharapkan menjadi katalis pertumbuhan perekonomian digital di Indonesia menyongsong Indonesia Emas 2045 melalui pendekatan integrated digital ecosystem (ekosistem digital yang terintegrasi). Pengembangan ekonomi digital di KEK Singhasari sendiri merujuk pada empat pilar utama yang dikenalkan Bank Dunia, yaitu regulasi, infrastruktur, edukasi, dan inovasi.

    Oleh karena itu, kerja sama antara Ditjen Pendidikan Vokasi dengan KEK Singhasari dipandang sebagai langkah awal dalam dukungan KEK Singhasari untuk turut mengawal dan berkontribusi aktif dalam program link and match. Sehingga, selanjutnya dapat terjalin mitra-mitra industri yang lebih banyak lagi di bawah naungan KEK Singhasari bagi SMK dan satuan pendidikan vokasi yang ada di sekitarnya.

    Direktur Utama PT Intelegensia Grahatama David Santoso, mengatakan KEK Singhasari adalah KEK pertama di bidang pengembangan teknologi. PT Intelegensia Grahatama sendiri merupakan badan usaha pembangun dan pengelola dari KEK Singhasari.

    "Critical success factor 100 persen adalah manusia, jadi SDM unggul adalah bahan baku utama, dan kunci kesuksesan. Kami memiliki satu kesepahaman, mendidik, itu tidak hanya dari sisi skill, kognitif, spiritual juga, dan soft skill, cara pandang manusia nusantara seutuhnya. Saya pikir ini harus, satu momentum, satu kolaborasi sangat baik kita sangat yakin ini akan menghantarkan kita untuk berhasil menjadi Indonesia's Silicon Valley," pungkasnya.


    (SAW)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id