Pemerintah Beri Isyarat UMP tak Naik Tahun Depan

    Annisa ayu artanti - 07 Oktober 2020 22:01 WIB
    Pemerintah Beri Isyarat UMP tak Naik Tahun Depan
    Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah (kanan) saat konferensi pers penjelasan UU Cipta Kerja. Foto: Medcom.id.
    Jakarta: Upah Minimum Provinsi (UMP) tahun depan disinyalir tidak akan mengalami kenaikan seperti yang telah terjadi pada tahun-tahun sebelumnya.

    Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengatakan dalam Undang-Undang Cipta Kerja bahwa penentuan upah minimum tersebut belum diatur secara rigid. Penentuan upah minimum harus melalui aturan turunan yaitu Peraturan Pemerintah.

    Selain itu, upah minimum diperkirakan tidak akan naik karena perekonomian Indonesia belum pulih dari pandemi covid-19. Serta Kebutuhan Hidup Layak (KHL) yang menjadi dasar penentuan UMP pun kemungkinan besar tidak akan berubah.

    "Kami dapatkan saran dari dewan pengupahan nasional dan saran ini akan jadi acuan bagi kami menteri untuk tetapkan upah minimum 2021. Kalau paksakan (mengikuti) PP 78 atau Undang-Undang baru ini, banyak perusahaan yang tidak bisa bayar upah minimum provinsi," kata Ida dalam konferensi pers virtual, Rabu, 7 Oktober 2020.

    Namun demikian, Ida tak menutup kemungkinan ada perhitungan lain mengenai UMP tahun depan. Adapun rekomendasi dari Dewan Pengupahan Nasional akan menjadi saran masukan, serta akan terus diperbarui.

    "Usulan dewan pengupahan, balik lagi ke UMP 2020. Tapi kami akan update, akan dengarkan sekali lagi Dewan Pengupahan Nasional," ujarnya.

    Ida menambahkan pihaknya sudah memberikan laporan kepada Presiden Joko Widodo terkait dengan aturan turunan Undang-Undang Cipta Kerja yakni Peraturan Pemerintah mengenai UMP.

    Dalam perumusan besaran UMP pemerintah membahasnya dengan berbagai pemangku kepentingan bulai dari buruh, pekerja, pengusaha, hingga asosiasi.

    "Kami sudah laporkan ke presiden, pembahasan PP ini kami akan menyertakan stakeholder ketenagakerjaan dalam hal ini serikat buruh, pekerja dan teman pengusaha yang diwakili Apindo Kadin dalam forum tripartit nasional," pungkasnya.

    (AHL)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id