comscore

Terpopuler Ekonomi: AirAsia Beroperasi hingga Bus Listrik INKA Keliling Jakarta

Ade Hapsari Lestarini - 01 Januari 2021 11:19 WIB
Terpopuler Ekonomi: AirAsia Beroperasi hingga Bus Listrik INKA Keliling Jakarta
Ilustrasi AirAsia. Foto: dok MI.
Jakarta: Akhir 2020 disambut dengan pemberitaan AirAsia Indonesia yang kembali mengoperasikan dua rute penerbangan mulai Januari 2021 di kanal ekonomi Medcom.id.

Selain itu beberapa berita global juga mendominasi seperti tentang hubungan Amerika Serikat (AS) dengan Prancis dan Jerman. Serta hubungan antara Uni Eropa dengan Tiongkok.
Berikut lima berita populer harian pada Kamis, 31 Desember 2020.

1. 2 Rute Penerbangan AirAsia Kembali Beroperasi Januari 2021

Maskapai AirAsia Indonesia kembali mengoperasikan dua rute-rute penerbangan Bali-Labuan Bajo dan Jakarta-Semarang mulai Januari 2021. Rute tersebut sebelumnya dihentikan sementara lantaran pandemi covid-19.

Di rute-rute tersebut, AirAsia berkomitmen untuk menyediakan tiket dengan harga terjangkau dengan gratis bagasi 15 kilogram (kg). Kemudian menawarkan kemudahan layanan rapid test/swab antigen mulai dari Rp95 ribu dan PCR test mulai dari Rp700 ribu bagi pelanggan.

Baca berita selengkapnya di sini

2. AS Berlakukan Tarif Baru untuk Prancis dan Jerman, Apa Saja?

Departemen Perdagangan Amerika Serikat (AS) menaikkan tarif pada beberapa produk tertentu dari Uni Eropa. Produk itu seperti suku cadang terkait pesawat dan anggur dari Prancis dan Jerman, di tengah perselisihan mengenai pesawat sipil yang sedang berlangsung antara Washington dan Brussel.

Departemen Perdagangan AS tidak mengatakan kapan tarif akan diberlakukan tetapi mencatat bahwa detail tambahan akan segera diumumkan. Tarif baru itu adalah tindakan terbaru dalam sengketa selama 16 tahun antara AS dengan Uni Eropa atas subsidi penerbangan sipil yang melibatkan perusahaan pesawat Eropa Airbus dan saingannya yang berbasis di AS, Boeing.

Baca berita selengkapnya di sini

3. Sah, Uni Eropa dan Tiongkok Sepakati Perjanjian Investasi

Uni Eropa dan Tiongkok menyetujui kesepakatan investasi pada Rabu waktu setempat (Kamis WIB). Kesepakatan yang tercapai ini akan memberi perusahaan Eropa akses lebih besar ke pasar Tiongkok dan membantu memperbaiki apa yang dipandang Eropa sebagai hubungan ekonomi yang tidak seimbang.

Perusahaan Eropa akan mendapatkan izin untuk beroperasi di Tiongkok dalam berbagai sektor termasuk mobil listrik, rumah sakit swasta, real estate, periklanan, industri maritim, layanan cloud telekomunikasi, sistem reservasi maskapai penerbangan, dan penanganan darat.

Baca berita selengkapnya di sini

4. Bus Listrik INKA Jajal Jalanan Ibu Kota

PT Industri Kereta Api atau PT INKA (Persero) melakukan uji operasional terhadap bus listrik buatannya di Jakarta. Uji coba E-Inobus tersebut melibatkan pihak Transjakarta.

Pengujian tersebut bertujuan untuk mengetahui performa baterai bus, motor, dan sebagainya pada rute operasional Transjakarta. Jadwal pengujian tersebut tentatif dimulai 23 Desember 2020 hingga 6 April 2021.

Baca berita selengkapnya di sini

5. PLN Siap Transformasi ke Energi Baru Terbarukan

PLN siap melakukan transisi energi dengan mendorong pemanfaatan energi baru terbarukan (EBT). Transformasi tersebut tidak hanya dari sisi pembangunan infrastruktur, tapi juga pemanfaatan EBT pada pembangkit existing.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan pihaknya memperluas Co-firing PLTU yang ada menggunakan biomassa, seperti di PLTU Suralaya.

"Program Co-firing PLTU dengan biomassa ini merupakan langkah nyata PLN untuk mendorong peningkatan EBT pada bauran energi nasional," ucap Darmawan dikutip dalam keterangan resmi, Kamis, 31 Desember 2020.

Baca berita selengkapnya di sini

(AHL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id