Tenang, Masih Ada Kesempatan Buat yang Belum Dapat Kartu Prakerja

    Eko Nordiansyah - 24 September 2021 10:30 WIB
    Tenang, Masih Ada Kesempatan Buat yang Belum Dapat Kartu Prakerja
    Ilustrasi. Foto: Medcom.id



    Jakarta: Manajemen Pelaksana Program (PMO) Kartu Prakerja telah mengumumkan hasil seleksi penerimaan peserta kartu prakerja gelombang 21 pada Rabu, 22 September lalu.

    Penerimaan gelombang 21 ini adalah gelombang terakhir sesuai dengan alokasi budget untuk semester II tahun ini sebesar Rp21,2 triliun.

     



    Meski begitu, Head of Communication PMO Kartu Prakerja Louisa Tuhatu menyebut, masih ada kesempatan bagi masyarakat yang belum diterima dalam program kartu prakerja. Hanya saja kuotanya masih harus menunggu peserta yang sudah diterima namun tidak membeli pelatihan pertamanya.

    "Kami terus memantau kepesertaan yang dicabut dari gelombang 18-21 karena tidak membeli pelatihan pertama dalam waktu 30 hari setelah dinyatakan lolos sebagai peserta prakerja," kata dia kepada wartawan, Jumat, 24 September 2021.

    Ia menambahkan, nantinya total kepesertaan yang dicabut akan dipulihkan dalam gelombang tambahan. Namun demikian, Louisa menyebut, pembukaan kembali gelombang tambahan ini tidak dilakukan dalam waktu dekat, mengingat peserta di gelombang 21 masih memiliki waktu 30 hari ke depan.

    "Kapan gelombang tambahan itu dibuka akan ditentukan kemudian. Yang pasti tidak dalam waktu dekat karena peserta gelombang 21 masih memiliki 30 hari untuk membeli pelatihan pertama," ungkapnya.

    Selama 1,5 tahun, pelaksanaan program kartu prakerja di tengah situasi pandemi telah memberikan dampak signifikan bagi masyarakat. Sejak Gelombang 1 dibuka pada 11 April 2020 hingga penerimaan Gelombang 20 pada 15 September 2021, program ini sudah menjangkau 10,6 juta penerima manfaat.

    "Rinciannya yakni 5,5 juta peserta pada 2020 serta 5,1 juta penerima kartu prakerja pada 2021," kata Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari dalam keterangan tertulisnya.

    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id