Kenaikan Kasus Covid-19 Hambat Penyaluran Bantuan Produktif UMKM

    Eko Nordiansyah - 30 Juni 2021 17:34 WIB
    Kenaikan Kasus Covid-19 Hambat Penyaluran Bantuan Produktif UMKM
    Ilustrasi. Foto: Medcom.id



    Jakarta: Kementerian Koperasi dan UKM menyebut, kenaikan kasus covid-19 di sejumlah daerah membuat penyaluran  Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) sedikit terhambat. Padahal pemerintah menargetkan penyalurannya kepada tiga juta penerima.

    Deputi Bidang Usaha Mikro Kemenkop UKM Eddy Satriya mengatakan, penyaluran BPUM ini terganggu karena kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang bertujuan untuk menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

     



    "Tentu saja berpotensi dalam kelancaran penyaluran bantuan baik proses pendataan dan juga proses pencairannya," kata dia dalam webinar di Jakarta, Rabu, 30 Juni 2021.

    Ia menjelaskan, proses pendataan dilakukan oleh dinas terkait di daerah sedangkan pencairannya melalui perbankan. Bahkan beberapa pekan lalu, penyaluran BPUM di sejumlah daerah terpaksa ditunda akibat kenaikan kasus covid-19.

    "Contohnya kemarin, meningkatnya kasus di Jawa Tengah terutama di beberapa kota seperti Kudus, Semarang, Demak, Jepara dan lain-lain itu kita langsung berkoordinasi dengan dinas setempat di-hold dulu seminggu," ungkapnya.

    Selain itu, perbankan juga mengurangi kuota pencairan BPUM ini dari sebelumnya bisa 150-200 orang per hari di satu bank, namun kini hanya bisa 50 orang. Kondisi ini menurut Eddy sedikit penghambat penyaluran bantuan sebesar Rp1,2 juta ini.

    "Memang agak ter-delay dari sisi waktu, tapi memang kita lebih mengutamakan kesehatan atau keselamatan dari ancaman covid. Kalau covid masih seperti sekarang second wave masih tinggi ini berkemungkinan memang akan ada pengaruhnya," pungkas dia.

    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id