Buwas Ungkap Biang Kerok Harga Daging Melonjak Jelang Lebaran

    Eko Nordiansyah - 18 Mei 2021 18:12 WIB
    Buwas Ungkap Biang Kerok Harga Daging Melonjak Jelang Lebaran
    Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso. Foto : MI.



    Jakarta: Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso mengungkapkan alasan yang menyebabkan harga daging melonjak jelang Lebaran tahun ini. Bahkan harga daging di pasaran sempat menyentuh Rp150 ribu per kilogram (kg), atau lebih tinggi dari biasanya.

    Ia menyebut selama ini Bulog sudah membuat komitmen dengan para mitra agar tidak ada monopoli harga daging, baik daging sapi maupun daging kerbau. Bahkan ini sudah memperingatkan para mitra untuk tidak membuat harga daging mengalami kenaikan.

     



    "Kami ini mewanti-wanti supaya harganya tidak naik, harganya harus jatuh ke tangan konsumen murah kualitas tetap baik, itu ada jaminan mereka tandatangani pernyataan," kata dia dalam rapat dengan Komisi IV DPR, Selasa, 18 Mei 2021.

    Tak hanya itu, Buwas menduga ada mafia yang menyebabkan terjadinya kenaikan harga daging menjelang Idulfitri. Namun ia menjamin bahwa kenaikan ini tidak berasal dari Bulog, tetapi ada pihak lain yang ingin mengambil keuntungan sendiri.

    "Ini pastinya bukan perbuatan Bulog, tapi namanya orang nakal berusaha bagaimana dia mendapatkan keuntungan sehingga pengalaman-pengalaman ini yang kami terus belajar kami antisipasi dengan kami melakukan operasi pasar maupun melalui online," ungkapnya.

    Pada tahun ini, Bulog menyediakan 13 ribu ton daging sapi maupun daging kerbau beku untuk operasi pasar dan penjualan melalui e-commerce. Meskipun sudah menjual dengan harga Rp80 ribu per kg, tetapi upaya ini tidak bisa menurunkan harga daging.

    "Operasi pasar memang sebagian besar dirasakan oleh masyarakat tapi karena daging sapi Bulog terbatas yang kami jual ke konsumen adalah Rp90 ribu (per kg) itu juga tidak nendang. Karena keterbatasan kemampuan Bulog, karena apapun ketersediaan kami, kami harus hitung," pungkas dia.

    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id