comscore

Pengamat: Pemerintah Perlu Jaga Daya Beli Masyarakat

Antara - 10 Mei 2022 18:16 WIB
Pengamat: Pemerintah Perlu Jaga Daya Beli Masyarakat
Ilustrasi. Foto: dok MI/Bary Fathahilah.
Jakarta: Pakar Kebijakan Publik dan Kepala Studi Ekonomi Politik LKEB UPN Veteran Jakarta Achmad Nur Hidayat mengatakan pemerintah perlu menjaga daya beli masyarakat yang masih berada di bawah posisi sebelum covid-19 pada kuartal I 2022.

"Jika dilihat dari sisi pengeluaran maka terlihat konsumsi rumah tangga masih di bawah ambang normal sebelum covid-19. Kuartal I-2022 konsumsi rumah tangga tumbuh 4,34 persen (yoy) atau di bawah konsumsi rumah tangga yang normalnya adalah 5,0 persen," kata Achmad yang juga Co-Founder Narasi Institute dalam keterangan resmi, Selasa, 10 Mei 2022.
Konsumsi rumah tangga tercatat meningkat untuk sektor tersier seperti hotel, angkutan, dan restoran yang biasanya dikonsumsi masyarakat kelompok menengah ke atas. Sementara itu, menurutnya, masyarakat kelompok menengah ke bawah saat ini masih berjuang menghadapi kenaikan harga bahan pokok.

"Situasi ekonomi kuartal I-2022 diwarnai dengan kenaikan harga pangan, harga minyak goreng, tingginya harga komoditas ekspor seperti sawit dan batu bara, serta kenaikan belanja pemerintah terutama di sektor konstruksi," katanya.

Kenaikan harga bahan pokok perlu terus dijaga karena inflasi pada April 2022 tercatat 3,47 persen (yoy) yang dapat meningkatkan risiko kontraksi ekonomi jika terus berlanjut.

Ia juga memperkirakan perekonomian Indonesia tumbuh di bawah target pemerintah sebesar 5,03 persen (yoy) di sepanjang tahun ini.

"Karena inflasi dan risiko kenaikan suku bunga kredit akibat perang Rusia-Ukraina dan kenaikan Fed rate menyebabkan ekonomi Indonesia akan tumbuh mencapai maksimal 4,5 persen sampai 5,0 persen (yoy)," katanya.

(HUS)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id