comscore

Pemerintah Gelar Operasi Pasar untuk Stabilisasi Harga Bahan Pangan

Eko Nordiansyah - 30 Desember 2021 13:09 WIB
Pemerintah Gelar Operasi Pasar untuk Stabilisasi Harga Bahan Pangan
Ilustrasi. Foto: MI/Atet
Jakarta: Pemerintah berupaya melakukan stabilisasi harga guna menurunkan harga beberapa bahan pangan yang mengalami tren kenaikan dalam menjelang akhir tahun. Untuk pemenuhan kebutuhan sembako, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian menggelar operasi pasar sebagai stabilisasi harga.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, operasi pasar ini diharapkan bisa menurunkan harga bahan pangan. Pada 28 Desember 2021, secara nasional harga bahan pangan mengalami kenaikan, seperti harga minyak goreng kemasan rata-rata Rp20.350 per kilogram (kg), telur ayam ras Rp29.500 per kg, dan cabai rawit merah Rp96.400 per kg.

 



"Pemerintah terus berupaya menstabilkan harga dan membantu masyarakat memenuhi kebutuhan sembako melalui operasi pasar terutama menjelang Tahun Baru 2022. Harapan kami, operasi pasar ini dapat membantu masyarakat untuk membeli sembako dengan harga khusus yang lebih murah," kata dia dalam keterangan tertulisnya, Kamis, 30 Desember 2021.

Operasi pasar sembako ini dimanfaatkan masyarakat di sekitar Pasar Cileungsi untuk mendapatkan minyak goreng, telur ayam ras, cabai, bawang merah, bawang putih dengan harga yang terjangkau. Dalam pelaksanaan operasi pasar tersebut, tetap diselenggarakan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat dan menghindari kerumunan warga.

Adapun operasi pasar yang dilakukan oleh pemerintah di Pasar Cileungsi tersebut dilakukan dengan dukungan dari Toko Tani Indonesia Kementerian Pertanian, Perum BULOG, PT Berdikari (Persero), dan Sinar Mas Group sebagai bentuk kepedulian terhadap pemenuhan kebutuhan pokok masyarakat.

Selain harga pangan, kenaikan harga pupuk juga menjadi perhatian. Airlangga juga melakukan peninjauan ke salah satu kios pupuk untuk memastikan ketersediaan pupuk bagi petani sekaligus sebagai bukti kehadiran pemerintah dalam upaya mengungkit produk dan daya saing di bidang pertanian.
 

(DEV)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id