comscore

Top 5 Populer Ekonomi Sepekan, Berita Aset Kripto Paling Mendominasi

Desi Angriani - 23 Januari 2022 11:50 WIB
Top 5 Populer Ekonomi Sepekan, Berita Aset Kripto Paling Mendominasi
Ilustrasi aset digital/ NFT - - Foto: dok AFP
Jakarta: Berita populer ekonomi dalam sepekan didominasi oleh kabar dari dalam negeri khususnya seputar aset kripto dan aset digital.

Di sektor rill, penurunan harga minyak goreng belakangan menjadi perhatian publik. Masyarakat bisa melaporkan ke Menteri Perdagangan jika harga di toko ritel tinggi.

Masih di sektor yang sama, pembaca menyoroti Mendag yang mengeklaim harga bahan kebutuhan pokok sudah mulai turun di berbagai daerah.

Lalu di sektor keuangan, penyaluran pembiayaan bagi pelaku usaha ultra mikro (UMi) ditargetkan mencapai dua juta pada tahun ini juga menarik minat pembaca.

Untuk pemberitaan aset kripto dan aset digital, pembaca tertarik mengetahui bagaimana pelaporan aset berupa Non-Fungible Token (NFT). Sementara Muhammadiyah mengeluarkan fatwa haram terhadap mata uang digital kripto yang dijadikan alat investasi maupun alat tukar.

Medcom.id merangkum berita populer dalam sepekan sebagai referensi pembaca yang memantau isu ekonomi terkini.

1. 2022, PIP Bidik Penyaluran Pembiayaan UMi untuk 2 Juta Pelaku Usaha

Pusat Investasi Pemerintah (PIP) menargetkan penyaluran pembiayaan akan menjangkau dua juta pelaku usaha ultra mikro (UMi) tahun ini.  Hingga 2021, PIP telah menyalurkan Rp18,07 triliun pembiayaan UMi kepada lebih dari 5,39 juta orang debitur, yang tersebar di 34 provinsi di seluruh Indonesia.

Baca berita selengkapnya di sini.

2. Aset NFT dan Digital Lain Wajib Dilaporkan di SPT, Bagaimana Pajaknya?

Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyebut aset berupa Non-Fungible Token (NFT) atau dalam bentuk digital lainnya wajib masuk Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan. Nilainya disesuaikan nilai pasar pada akhir tahun lalu.

Baca berita selengkapnya di sini.

3. Mendag: Sejumlah Harga Bahan Pokok Sudah Mulai Turun

Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi menyebutkan sejumlah harga kebutuhan pokok saat ini sudah mulai mengalami penurunan. Sebelumnya, pada Natal dan Tahun Baru (Nataru) kemarin sejumlah bahan pokok seperti cabai, telur, dan minyak goreng mengalami kenaikan harga yang cukup signifikan.

Baca berita selengkapnya di sini.

4. Bisa Ngadu ke Mendag Harga Minyak Goreng Mahal, Ritel di 34 Provinsi Dipantau Ketat

Jika ada keluhan dan harga yang tidak sesuai dengan kebijakan pemerintah, Kementerian Perdagangan (Kemendag) menyiapkan kontak pengaduan dengan membuka hotline khusus. Masyarakat dapat mengadukan permasalahan di lapangan ke saluran yang disediakan.

Baca berita selengkapnya di sini.

5. Muhammadiyah Tetapkan Kripto Haram, CEO Indodax: Memang Bukan Mata Uang


Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah mengeluarkan fatwa haram mata uang digital kripto sebagai alat investasi maupun alat tukar. Terkait hal itu, CEO Indodax Oscar Darmawan menegaskan aset kripto bukan dijadikan sebagai mata uang.

Baca berita selengkapnya di sini.


(Des)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id