Inkowapi Ajak UMKM Anggotanya untuk Manfaatkan Ekosistem Digital Gojek

    Eko Nordiansyah - 07 April 2021 21:29 WIB
    Inkowapi Ajak UMKM Anggotanya untuk Manfaatkan Ekosistem Digital Gojek
    Ilustrasi. Foto: Dok.MI



    Jakarta: Induk Koperasi Wanita Pengusaha Indonesia (Inkowapi) mengajak jutaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) anggotanya untuk memanfaatkan Gojek. Platform digital seperti Gojek dinilai mampu membantu bisnis pengusaha perempuan untuk bertahan, bahkan tumbuh ditengah pandemi.

    Ketua Umum Inkowapi Sharmila mengatakan, rekam jejak GoFood yang telah dikenal sebagai mitra terbaik dalam mendukung pertumbuhan bisnis UMKM kuliner di seluruh Indonesia. Untuk itu, ia menyambut baik kerja sama yang dilakukan antara Inkowapi dengan Gojek.






    "Ratusan pelaku usaha perempuan yang kami latih ini tentunya menjadi awal yang sangat baik untuk dukungan kita bersama terhadap ekosistem UMKM di Indonesia secara keseluruhan," kata dia dalam keterangan resminya, Rabu, 7 April 2021.

    Ia menambahkan, masa pandemi mengharuskan anggotanya untuk mengubah pola bisnis sehingga bisa bertahan dan beradaptasi dengan kondisi terkini. Oleh karena itu, adaptasi teknologi digital menjadi suatu keharusan bagi para pelaku usaha. Salah satunya adalah dengan dengan dukungan dari ekosistem Gojek.

    "Kami berharap lebih banyak lagi perempuan yang bisa kita fasilitasi dan tingkatkan kapasitasnya dalam berbisnis di era digital. Kerja sama pembinaan strategi pengelolaan bisnis berbasis teknologi digital ini melibatkan ratusan pelaku usaha dari seluruh Indonesia," ungkapnya.

    VP Merchant Marketing Gojek Bayu Ramadhan menyebut, kolaborasi ini merupakan bagian dari inisiatif #MelajuBersamaGojek yang mendukung pelaku UMKM Indonesia di berbagai skala usaha untuk mengembangkan bisnis mereka dengan solusi yang lengkap dan inklusif, mencakup dukungan teknologi dan non-teknologi.

    "Kami harap, kolaborasi ini memberikan kesempatan serta manfaat bagi para pengusaha perempuan di bawah naungan Inkowapi, dan ikut serta membangkitkan geliat sektor UMKM yang perannya sangat penting dalam pemulihan ekonomi Indonesia," ujar Bayu.

    Kerja sama Gojek dan Inkowapi diawali dengan pelatihan yang diadakan secara daring  yang memberikan penjelasan komprehensif mengenai ekosistem teknologi Gojek untuk pelaku UMKM dan seluk beluk mengembangkan bisnis dengan sukses menggunakan aplikasi GoBiz.

    Pelatihan dilanjutkan dengan presentasi dan tanya jawab dengan pemilik Bee’s Juice and Kitchen, mitra usaha GoFood di Surabaya, tentang tips pemasaran produk secara kreatif, resep menjadi andalan pelanggan, dan kesuksesan mengembangkan bisnis digital bersama Gojek.
     
    Sementara itu, GoBiz adalah aplikasi khusus mitra usaha Gojek yang memudahkan para pelaku UMKM untuk mengembangkan usaha dan mengelola operasional bisnis. GoBiz juga memberikan manfaat tambahan, yaitu dalam hal kemudahan pengembangan usaha dan kemudahan operasional bisnis.

    Dalam hal kemudahan pengembahan usaha, mitra dibantu dalam hal perluasan akses pasar melalui GoFood, pembayaran non tunai dengan GoPay dan pembayaran di outlet dengan QRIS, pengaturan promosi secara mandiri, hingga pengajuan modal usaha.

    Sedangkan dalam hal kemudahan operasional bisnis, aplikasi ini menawarkan pencatatan dan rekap otomatis seluruh transaksi yang terintegrasi dengan Point of Sale (POS) serta komunikasi langsung dengan Pusat Bantuan untuk membantu penyelesaian masalah Mitra Usaha melalui fitur Support Inbox.

    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id