Jelang Lebaran, BPS Catat Peningkatan Harga Emas

    Eko Nordiansyah - 03 Mei 2021 15:26 WIB
    Jelang Lebaran, BPS Catat Peningkatan Harga Emas
    Emas Antam. Foto : Antam.



    Jakarta: Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat kenaikan harga emas perhiasan selama April 2021. Kenaikan harga emas ini menyebabkan kenaikan inflasi inti dari minus 0,03 persen pada Maret 2021 menjadi 0,14 persen pada April 2021.

    Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS Setianto mengatakan kenaikan permintaan emas ini dipengaruhi oleh faktor musiman yaitu menjelang hari raya Idulfitri. Tak hanya emas perhiasan, kenaikan juga terjadi pada emas batangan pada April 2021.






    "Meningkatkan pembelian emas perhiasan menjelang hari raya Idulfitri mempengaruhi harga emas perhiasan di April 2021," kata dia dalam video conference di Jakarta, Senin, 3 Mei 2021.

    Ia menambahkan dari 90 kota IHK yang dipantau oleh BPS tercatat ada 60 kota yang mengalami kenaikan harga emas perhiasan. Kenaikan tertinggi terjadi di Pare-pare, Medan, dan Bukittinggi dengan masing-masing tiga persen.

    BPS sebelumnya mencatat perkembangan harga pada April 2021 mengalami inflasi sebesar 0,13 persen. Salah satu komoditas yang menjadi penyumbang terbesar pada inflasi bulan lalu adalah harga daging ayam ras.

    Secara tahun kalender atau year to date (ytd) pada tahun ini adalah sebesar 0,58 persen. Sedangkan inflasi tahun ke tahun atau year on year (yoy) dibandingkan April tahun lalu adalah sebesar 1,42 persen.

    Dari 90 kota IHK yang dipantau oleh BPS, sebanyak 72 kota yang mengalami inflasi dan 18 kota mengalami deflasi. Inflasi tertinggi di Kotamobagu 1,31 persen, inflasi terendah di Yogyakarta 0,01 persen. Sementara deflasi di Jayapura minus 1,26 persen, serta deflasi terendah di Tanjungpandan minus 0,02 persen.

    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id