IIF Siap Jadi Katalis Pembangunan Infrastruktur Berkelanjutan di Indonesia

    Angga Bratadharma - 11 Juli 2020 13:15 WIB
    IIF Siap Jadi Katalis Pembangunan Infrastruktur Berkelanjutan di Indonesia
    Foto: dok MI/Ramdani.
    Jakarta: PT Indonesia Infrastructure Finance (IIF) terus berupaya menjadi katalis dalam merealisasikan pembangunan infrastruktur yang berkelanjutan dalam berbagai sektor di Indonesia. Selain layak secara komersial, IIF juga memastikan proyek yang didanai memberikan manfaat yang luas bagi lingkungan dan masyarakat sekitar.

    Saat ini, sektor yang mendominasi dalam portofolio pembiayaan IIF adalah ketenagalistrikan, jalan tol, dan bandara. Sedangkan pada 10 Juli 2020, IIF memperkuat portfolio dalam sektor air. IIF menandatangani perjanjian dengan PT Pembangunan Perumahan Krakatau Tirta (PPKT) sebesar Rp420 miliar dalam bentuk pinjaman senior berjangka untuk Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di Gresik, Jawa Timur.

    "Penandatanganan fasilitas pinjaman berjangka senior antara IIF dan PPKT ini merupakan pencapaian bagi IIF. Pendekatan keberlanjutan kami tidak hanya sampai pada pengadaan proyek, tetapi juga bermanfaat bagi masyarakat," kata Presiden Direktur IIF Reynaldi Hermansjah, dalam keterangan tertulisnya, Sabtu, 11 Juli 2020.

    Ia menyadari pentingnya pasokan air karena berdampak bagi kehidupan setiap orang. "Sekali lagi, kami berusaha untuk menjadi agen pembangunan melalui langkah-langkah yang gigih dan berkelanjutan. Because a journey of a thousand miles, must start with a single step," kata Reynaldi.

    Proyek ini bertujuan untuk membangun penyediaan air minum di Gresik dengan kapasitas 1.000 lpd yang akan didistribusikan ke kawasan industri serta 90 ribu perumahan di 11 Kecamatan (110 desa) dari total 18 kecamatan di wilayah Gresik. Implementasi proyek ini dipersiapkan oleh PDAM Giri Tirta Kabupaten Gresik sebagai Penanggung Jawab Proyek Kerjasama (PJPK).

    Konsorsium PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk (PTPP) dan PT Krakatau Tirta Industri (KTI) adalah pemenang tender konsorsium (BU) untuk proyek dan telah membentuk Badan Usaha Pelaksana (BUP) sebagai operator Sistem Pasokan Air Gresik, yaitu PT Pembangunan Perumahan Krakatau Tirta (PPKT).

    (ABD)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id