Kementerian ESDM Minta Perusahaan Tambang Tak PHK Karyawan

    Suci Sedya Utami - 30 Juni 2020 21:33 WIB
    Kementerian ESDM Minta Perusahaan Tambang Tak PHK Karyawan
    Ilustrasi Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) - - Foto: Medcom
    Jakarta: Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengimbau agar perusahaan di sektor pertambangan mineral dan batu bara (minerba) tidak melakukan pengurangan jumlah karyawan di tengah pandemi covid-19.

    Direktur Pembinaan Pengusahaan Batu-bara Ditjen Minerba Kementerian ESDM Sujatmiko mengaku memahami pandemi berimbas pada kondisi perusahaan, termasuk karyawan.

    "Kita imbau ke pengusaha tambang tidak PHK karyawan," kata Sujatmiko dalam webinar, Jakarta, Selasa, 30 Juni 2020.

    Karena itu, perusahaan diminta meredam kekhawatiran karyawan agar dapat kembali produktif saat memasuki tatanan normal baru. Selain itu, perusahaan diharuskan menjalankan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan demi menekan penyebaran covid-19.


    "Kalau ada 1-2 karyawan yang positif, impact-nya akan panjang. Maka kita tekankan agar kita pantau kesehatan karyawan, vendor dijamin termasuk keluarganya," jelas Sujatmiko.

    Dalam kesempatan yang sama, Ketua Asosiasi Pertambangan Batu-bara (APBI) Hendra Sianida mengatakan adanya opsi PHK jika harga jual batu bara berada di bawah biaya produksi. Namun saat ini belum ada aksi perumahan karyawan di anggota APBI.

    "Kemungkinan seperti itu tidak tertutup, tapi daya anggota Alhamdulillah masih survive, belum ada anggota kami yang melakukan itu bahkan pemotongan gaji itu belum kami dengar," ucap Hendra.

    Berdasarkan data Kementerian ESDM, tren harga batu bara mengalami penurunan sejak adanya pandemi covid-19. Di awal tahun harga batu bara acuan (HBA) sebesar USD65,93 per ton dan meningkat ke USD66,89 per ton di Februari.

    Di Maret turun ke USD66,27 per ton, kemudian turun lagi ke USD65,77 per ton di April. Penurunan masih berlanjut ke Mei sebesar USD61,11 per ton dan Juni di level USD52,98 per ton. 




    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id