Pemerintah Jamin Ketersediaan dan Stabilisasi Harga Bahan Pokok

    Eko Nordiansyah - 26 Maret 2020 12:36 WIB
    Pemerintah Jamin Ketersediaan dan Stabilisasi Harga Bahan Pokok
    Sekretaris Kementerian Koordinator bidang Perekonomian Susiwijono. Foto: Medcom/ Desi Angriani
    Jakarta: Pemerintah menjamin kebutuhan bahan pokok bagi masyarakat di tengah wabah virus korona (covid-19) bakal tetap terpenuhi. Saat ini pemerintah memastikan ketersediaan bahan pokok tetap terjamin sebagaimana arahan Presiden Joko Widodo.

    "Ada 11 komoditas utama, kita jaga empat aspek yakni stok atau ketersediaan, pasokan, distribusi, dan paling penting stabilisasi harga," kata Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono dalam video conference di Jakarta, Kamis, 26 Maret 2020.

    Dirinya menambahkan, saat ini pemerintah terus melakukan monitoring stok bahan pangan setiap minggunya. Bahkan setiap hari tim dari kementerian teknis melakukan pengecekan berapa stok yang ada, berapa impor yang dibutuhkan, hingga berapa kebutuhan untuk masyarakat.

    "Demikian juga kita juga hitung konsumsi Ramadan dan lebaran berapa dan stok di awal Mei berapa. Sudah ada neraca semua, tiap hari monitor. Kita juga perkirakan, sampai di akhir tahun ketahanan stok kita mampu berapa bulan. Ini terkait stok," jelas dia.

    Pemerintah juga meminta kepada asosiasi pengusaha untuk menjamin pasokan barang mencukupi. Terlebih saat terjadi panic buying beberapa waktu lalu, terjadi kelangkaan barang akibat pasokan yang kurang baik. Padahal stok yang ada masih aman memenuhi kebutuhan.

    Selanjutnya, pemerintah juga akan menjamin distribusi pasokan berjalan lancar demi memenuhi kebutuhan. Terakhir, pemerintah menegaskan tetap menjaga stabilisasi harga sehingga tidak terjadi lonjakan harga secara signifikan. Oleh karena itu, keempat aspek ini akan dijaga.

    "Jadi, untuk pasokan bahan pangan ini, arahan Presiden. Kami minta ketersediaan bahan pokok. Kami jamin stok aman, pasokan lancar, dan harga stabil terjangkau oleh masyarakat," pungkas dia.

    (DEV)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id