Mendag Minta BUMN Intervensi Atasi Harga Sapi

    Annisa ayu artanti - 29 Januari 2021 18:19 WIB
    Mendag Minta BUMN Intervensi Atasi Harga Sapi
    Foto: dok MI/Rommy Pujianto.



    Jakarta: Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi meminta Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk mengintervensi harga sapi.

    "Ini memastikan untuk hari raya Idulfitri dan puasa 2021 aman," ujar Lutfi, dalam konferensi pers virtual Indonesian Trade Outlook 2021, Jumat, 29 Januari 2021.






    Menurut Lutfi, dalam mengatasi masalah ini, pihaknya akan mencari alternatif lain untuk memastikan agar Indonesia mendapatkan suplai sapi yang baik dengan harga yang kompetitif.

    "Nah mudah-mudahan Australia cepat bisa menjamin suplai dari Australia. Dan kita tentunya tetap ingin membeli," jelas Lutfi.

    Dia mengatakan Australia hingga kini menjadi menjadi mitra utama Indonesia untuk pasokan sapi. Lutfi mengatakan tren harga sapi Australia yang biasaya antara USD2,5-USD2,8 per kilogram (kg). Bahkan tidak pernah lebih dari USD3 per kg.

    "Menurut hemat saya, ini memang sudah tidak sehat. Ini berdampak pada konsumsi dan gizi rakyat Indonesia, saya mesti mempunyai alternatif. Alternatif itu kita lagi godok di dalam dan sebentar lagi akan keluar dan biarkan," pungkasnya.

    Kementerian Pertanian (Kementan) sebelumnya menyebutkan impor daging sapi bakalan akan datang pada Februari 2021. Upaya impor tersebut untuk menjaga stabilitas harga dan kecukupan ketersediaan sapi siap potong.

    "Mulai Februari, untuk tanggalnya masih tentatif. Daging yang diimpor terdiri dari sapi bakalan dan daging sapi," kata Direktur Kesehatan Masyarakat Veteriner Kementan Syamsul Maarif dikutip dari Mediaindonesia.com, Minggu, 24 Januari 2021 lalu.

    Dirinya menyebutkan, dalam menjaga stabilisasi harga dan kecukupan ketersediaan sapi siap potong, pemerintah dalam waktu dekat melalui Kementerian Perdagangan akan melakukan pemberian izin kepada para importir.

    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id