Menaker Dorong BLK Komunitas Rangkul Stakeholder

    Gervin Nathaniel Purba - 02 April 2021 20:47 WIB
    Menaker Dorong BLK Komunitas Rangkul Stakeholder
    Menaker Ida Fauziyah. (Foto: Dok. Kemenaker)



    Banyuwangi: Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mendorong pengelola Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas agar merangkul stakeholder dari semua kalangan, dan bisa memanfaatkan segala sumber daya untuk mendukung program BLK.

    "Agar keberlangsungan BLK dapat terjaga, pengelola harus bisa rangkul semua stakeholder," kata Ida saat meninjau BLK Komunitas Darussalam Blokagung dan BLK Komunitas Bustanul Falah di Banyuwangi, Jawa Timur, dikutip keterangan tertulis, Jumat, 2 April 2021.






    Dalam menjaga keberlangsungan BLK Komunitas, pengelola harus bekerja sama dengan pelaku usaha dan industri. Kemudian memetakan kebutuhan tenaga kerja.

    "Selanjutnya didesain pelatihan yang bisa mendukung kebutuhan industri, sehingga ke depannya pengelola bisa membuka kejuruan pelatihan di luar yang telah dibuka sebelumnya," katanya.

    Selain itu, pengelola juga diminta juga dapat mencari peluang dan pemanfaatan dana  corporate social responsibility (CSR) perusahaan untuk pelatihan. Nantinya dari pemerintah bisa didesain pelatihan program dan pembiayaan pelatihan dengan memanfaatkan dana APBD, atau dengan mengakses program pemerintah yang relevan seperti dana desa.

    "Kegigihan dan kepiawaian pengola sangat dibutuhkan untuk menjaga keberlangsungan pelatihan vokasi di BLK Komunitas," katanya.

    Ida tidak menghendaki jika BLK Komunitas menjadi mangkrak atau berubah fungsi dari tujuan pendiriannya. Baginya, bantuan dari pemerintah yang sifatnya terbatas menjadi tantangan bagi pengelola dalam menjaga keberlangsungan BLK Komunitas.

    "Jangan biarkan BLK Komunitas mati setelah tidak mendapatkan paket pelatihan dari Kemanker," ucapnya.


    (ROS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id