RCEP Buka Peluang Masuknya FDI dan Pembangunan Ekonomi Digital

    Suci Sedya Utami - 20 November 2020 18:40 WIB
    RCEP Buka Peluang Masuknya FDI dan Pembangunan Ekonomi Digital
    Ilustrasi - - Foto: Medcom
    Jakarta: Penandatanganan Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP) membuka banyak peluang bagi Indonesia, yakni masuknya investasi asing (FDI) dan pengembangam ekonomi digital.

    Senior Fellow Center for Indonesian Policy Studies (CIPS) Donna Gultom mengatakan untuk memanfaatkan ruang lingkup kawasan RCEP dan global secara maksimal, Indonesia harus memiliki rezim investasi dan dukungan infrastruktur yang menguntungkan bagi para investor.

    Apabila dikaitkan dengan perkembangan industri di tengah pandemi, investor akan melirik negara anggota RCEP yang paling siap dalam revolusi industri 4.0 dan perdagangan e-commerce.


    "Indonesia perlu segera menyiapkan dan mengimplementasikan kebijakan atau penyesuaian struktural agar dapat memanfaatkan peluang RCEP secara maksimal di masa yang akan datang," kata Donna dalam keterangan resmi, Jumat, 20 November 2020.

    Menurut Donna, pemerintah menyadari kunci keberhasilan dalam memanfaatkan peluang RCEP bagi kemajuan perekonomian Indonesia dengan meningkatkan daya saing nasional.

    "Tidak dapat dihindari lagi bahwa transaksi perdagangan, baik ekspor maupun impor akan dilakukan melalui elektronik atau e-commerce," imbuh dia.

    Peneliti CIPS Ira Aprilianti menambahkan peningkatan investasi akan signifikan hingga 22 persen dalam waktu lima tahun setelah RCEP diimplementasikan. Masuknya investasi ke dalam negeri akan membantu proses pemulihan ekonomi di masa mendatang.

    "Pandemi covid-19 ini harus menjadi turning point bagi Indonesia agar langkah-langkah pemulihan ekonomi ke depan merupakan langkah yang bersifat menopang pada pertumbuhan ekonomi berkelanjutan yang dapat membawa Indonesia ke level perekonomian yang lebih baik," jelas Ira.  


    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id