KAI Perpanjang Surat Bebas Covid untuk Naik Kereta

    Suci Sedya Utami - 27 Juni 2020 20:36 WIB
    KAI Perpanjang Surat Bebas Covid untuk Naik Kereta
    Ilustrasi penumpang kereta api jarak jauh- - Foto: Antara/ Siswowidodo
    Jakarta: PT KAI (Persero) memperpanjang masa berlaku surat bebas covid-19 bagi penumpang kereta api jarak jauh. Surat bebas korona merupakan salah syarat dalam melakukan perjalanan di masa new normal.

    VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan masa berlaku polymerase chain reaction (PCR) atau rapid test diperpanjang menjadi 14 hari. Penyesuaian ini dilakukan dengan tetap mengikuti Surat Edaran Gugus Tugas Covid-19.

    "Dengan diperpanjangnya masa berlaku hasil tes tersebut, penumpang yang akan melakukan perjalanan pulang pergi dalam rentang waktu yang singkat tidak perlu melakukan tes ulang selama masih memiliki hasil tes covid-19 yang masih berlaku," ujar Joni dalam keterangan resmi, Sabtu, 27 Juni 2020.

    Joni mengatakan masyarakat yang melakukan perjalanan tetap wajib menerapkan dan mematuhi protokol kesehatan yaitu memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, serta mengunduh aplikasi Peduli Lindungi.

    Secara umum seluruh penumpang kereta api diharuskan dalam kondisi sehat, memiliki suhu tubuh maksimal 37,3 derajat celsius, memakai pakaian lengan panjang atau jaket.

    Khusus penumpang yang akan bepergian dari dan menuju Provinsi DKI Jakarta, diharuskan memiliki Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) DKI Jakarta.

    "KAI berkomitmen untuk mematuhi seluruh protokol kesehatan yang diterapkan pemerintah agar kereta api menjadi moda transportasi yang selamat, aman, nyaman, dan seluruh penumpang sehat sampai tujuan," jelas Joni.

    Sejak dioperasikan pada 12 Juni hingga 26 Juni, KAI telah melayani 379.109 penumpang yang terdiri dari 47.924 penumpang KA Jarak Jauh dan 331.185 KA Lokal. Selain itu, terdapat 8.287 calon penumpang yang ditolak berangkat karena tidak melengkapi persyaratan.

    Selain angkutan penumpang, KAI juga tetap berkomitmen melayani angkutan barang untuk masyarakat pada masa pandemi covid-19 mulai dari angkutan bahan pangan, e-commerce, motor, dan lainnya melalui layanan Rail Express.




    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id