Berhemat Rp225 Miliar, PLN Bangun Jaringan Transmisi Tegangan 150 kV

    Muhammad Syawaluddin - 11 September 2020 19:15 WIB
    Berhemat Rp225 Miliar, PLN Bangun Jaringan Transmisi Tegangan 150 kV
    Proses pembangunan jaringan transmisi Punagaya-Tanjung Bunga. Foto: dok PLN.
    Makassar: PLN Unit Induk Pembangunan Sulawesi Bagian Selatan akan segera mengoperasikan jaringan transmisi bertegangan 150 kiloVolt (kV) setelah menyelesaikan pembangunan fisiknya.

    Pembangunan jaringan transmisi yang dibangun sejak 2018 ini terbentang dari Kecamatan Punagaya, di Kabupaten Jeneponto sampai dengan Tanjung Bunga di Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

    General Manager PLN UIP Sulbagsel I Putu Riasa mengatakan jaringan transmisi ini memiliki 178 menara dengan lintasan sepanjang 118 kilometer sirkuit (kms).

    "Untuk pemberian tegangan perdana akan segera dilaksanakan seusai pengecekan akhirnya, dan semoga segera bersertifikat aman, lengkap, dan layak untuk diberikan tegangan," katanya di Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat, 11 September 2020.

    Adanya jaringan transmisi ini, maka Kota Makassar sebagai pintu Kawasan Timur Indonesia (KTI) akan segera menikmati listrik yang semakin andal.

    Ia mengatakan, jika jaringan transmisi ini berhasil beroperasi, pemerintah akan hemat Rp225,8 miliar per tahun atau Rp18,81 miliar per bulan karena mampu menurunkan Biaya Pokok Penyediaan (BPP) sebesar Rp22,91 per kilo Watt hour (kWh).

    "Dan susut transmisinya juga setara dengan 38.806.800 kWh," jelasnya.

    Dibangunnya jaringan transmisi ini, tambah Raisa, akan menjangkau kawasan Centre Point of Indonesia (CPI) yang pembangunannya masih dalam tahap rampung.

    "Kawasan ini akan membutuhkan daya dan keandalan listrik yang memadai. Karenanya, beroperasinya jaringan transmisi ini sangat mendesak mengingat listriknya juga akan menjangkau kawasan tersebut," tambah Riasa.

    Sementara Manager PLN Unit Pelaksana Proyek Pembangkit dan Jaringan Sulawesi Selatan Husni Wardana mengungkapkan saat ini evakuasi daya dari PLTU Punagaya baru disalurkan oleh satu jalur jaringan transmisi 150 kV existing, sehingga tambahan jaringan transmisi ini akan meningkatkan keandalan Kota Makassar serta Sulawesi Selatan.

    "Melalui beroperasinya jaringan ini, diharapkan daya dari PLTU Punagaya dapat dioptimalkan, sehingga dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat Sulawesi Selatan serta Kota Makassar sebagai pintu timur Indonesia," tutup Husni.

    (AHL)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id