Penuhi Kebutuhan Masker, BUMN akan Impor Bahan Baku

    Annisa ayu artanti - 16 Maret 2020 20:26 WIB
    Penuhi Kebutuhan Masker, BUMN akan Impor Bahan Baku
    Kementerian BUMN. Foto : Medcom/Annisa Ayu.
    Jakarta: Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menyatakan salah satu perusahaan pelat merah yaitu anak usaha dari RNI akan melakukan impor bahan baku pembuatan masker.

    Impor dilakukan menyikapi kebutuhan masker yang terus bertambah karena meluasnya penyebaran virus korona (covid-19) dan beberapa masyarakat Indonesia sudah dinyatakan positif terjangkit covid-19.

    "BUMN akan melakukan impor bahan baku masker untuk dibuat jadi masker, ini oleh anak perusahaannya RNI," kata Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga di Jakarta, Senin, 16 Maret 2020.

    Pihak RNI, kata Arya, saat ini tengah melakukan pengkajian mengenai rencana impor tersebut. RNI masih mengkaji jumlah dan negara asal bahan baku tersebut bakal dikirimkan.

    Namun yang pasti, Arya menekankan impor dilakukan untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri. Selain RNI beberapa BUMN lain juga berencana melakukan impor masker.

    "Ini untuk memenuhi kebutuhan juga," jelasnya.

    Sejauh ini, ada dua negara yang masuk dalam opsi negara pengimpor kebutuhan bahan baku masker. Arya menyebutkan dua negara tersebut adalah India dan Tiongkok. India merupakan salah satu produsen kain bahan dasar masker.

    Sementara itu, Tiongkok merupakan salah satu produsen masker. Tiongkok diyakini dapat mengekspor kebutuhan bahan baku masker karena kondisi virus korona di sana sudah mulai mereda.

    "Ada kainnya khusus itu dari India diambil, dari Tiongkok sih belum bisa, tapi kita lagi usaha terus karena mereka kan penghasil masker, kita lagi usaha, lagi dinegosiasikan dengan Tiongkok lah, dan kita lihat kondisi mereka juga, kan mereka sekarang sudah mengalami penurunan masalah korona ini ya," tukasnya.



    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id