Kemenkeu Siapkan Bantuan Operasional Kesehatan untuk Antisipasi Wabah Korona

    Eko Nordiansyah - 16 Maret 2020 16:37 WIB
    Kemenkeu Siapkan Bantuan Operasional Kesehatan untuk Antisipasi Wabah Korona
    Virus Korona. Foto : AFP.
    Jakarta: Kementerian Keuangan (kemenkeu) menyiapkan Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik bidang kesehatan dan bantuan operasional kesehatan. Upaya ini dilakukan untuk antisipasi pencegahan dan/atau penanganan virus korona (covid-19).

    Hal ini sesuai dengan Keputusan Menteri Keuangan (KMK) Nomor 6/KM.7/2020 tentang Penyaluran Dana Alokasi Khusus Bidang Kesehatan dan Dana Bantuan Operasional Kesehatan Dalam Rangka Pencegahan dan/atau penanganan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

    Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi (KLI) Kemenkeu Rahayu Puspasari menjelaskan, terkait mekanisme penggunaan DAK fisik bidang kesehatan, pemerintah daerah (pemda) dapat merevisi kegiatan apabila belum terdapat kegiatan sehubungan dengan pencegahan dan/atau penanganan covid-19.

    "Penyaluran DAK Fisik Bidang Kesehatan untuk pencegahan dan/atau penanganan covid-19 memerlukan rekomendasi dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes)," kata Puspa dalam keterangan di Jakarta, Senin, 16 Maret 2020.

    Apabila sudah diberikan rekomendasi Kemenkes, maka DAK Fisik Bidang Kesehatan untuk covid-19, dapat dicairkan paling lambat tujuh hari kerja setelah dokumen rencana kegiatan diterima Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (Kepala KPPN) dan tercantum dalam sistim informasi perencanaan dan penganggaran yang terintegrasi.

    "Pemda harus menyampaikan laporan realisasi dan output DAK Fisik Kesehatan terkait covid-19 paling lambat November tahun anggaran berjalan," jelas dia.

    Untuk Dana Bantuan Operasional Kesehatan tahap I, Pemda tidak perlu menyampaikan laporan realisasi tahun sebelumnya serta tidak memperhitungkan sisa dana di Rekening Kas Umum Daerah.

    Untuk Dana Bantuan Operasional Kesehatan Tahap II, Pemda perlu menyampaikan laporan realisasi tahun 2019, laporan penyerapan dan penggunaan tahap I tahun 2020. Selain itu, juga memperhitungkan sisa dana di Rekening Kas Umum Daerah tahun sebelumnya.

    Dana Bantuan Operasional terkait covid-19 digunakan sesuai petunjuk teknis (juknis) Kementerian Kesehatan.

    "KMK ini berlaku enam bulan sejak ditetapkan 14 Maret 2020," pungkas dia.



    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id