Bantu Pasarkan Produk UMKM, Pertamina Gelar SMEXPO

    Suci Sedya Utami - 08 September 2020 11:39 WIB
    Bantu Pasarkan Produk UMKM, Pertamina Gelar SMEXPO
    Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati . Foto : MI/Immanuel.
    Jakarta: PT Pertamina (Persero) bakal menyelenggarakan pameran expo virtual atau SMEXPO 2020 untuk membantu usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dalam memasarkan produknya di tengah pandemi covid-19. Pameran ini akan berlangsung selama tiga hari pada 9-11 September 2002.

    Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan sebanyak 1.226 produk UMKM unggulan dari 100 UMKM mitra binaan Pertamina yang tersebar di berbagai wilayah akan dikutsertakan dalam expo tersebut. Ia bilang tidak hanya memasarkan, SMEXPO juga bakal mengadakan online coaching atau training bagi UMKM untuk bisa mengembangkan produknya.

    Nicke mengatakan UMKM menjadi sektor yang pentung bagi ekonomi Indonesia dan menjadi tulang punggung perekonomian nasional. Ia bilang, seperti saat krisis ekonomi di tahun 1998, UMKM mampu menopang ekonomi nasional sehingga dampak terhadap perekonomian bisa ditekan. Kontribusi UMKM terhadap produk domestik bruto (PDB) mencapai 61 persen.

    "SMEXOPO ini bisa memberikan kesempatan pada UMKM binaan Pertamina agar bisa membuka roda bisnisnya," kata Nicke dalam konferensi pers, Selasa, 8 September 2020.

    Dirinya mengatakan, pandemi yang terjadi saat ini memberikan tekanan yang berat bagi dunia usaha termasuk UMKM. Dari survei internal yang dilakukan Pertamina, sebanyak 53 persen UMKM mitra binaan Pertamina mengalami penurunan permintaan.

    Nicke menyebutkan hingga kini Pertamina telah melakukan pembinaan pada lebih dari 63 ribu UMKM. Ia bilang pembinaan UMKM juga menjadi tanggung jawab yang diamanatkan pada Pertamina.

    "Pertamina telah membantu menyerap produk mereka dengan total transaksi Rp10 miliar. Pertamina memberikan pelatihan dalam bentuk virtual, dan menyediakan pasar digital sehingga diharapkan UMKM dapat bertahan," tutur dia.

    Nicke menambahkan perhatian serius perlu ditujukan pada UMKM sebab UMKM mampu menyerap 95 persen tenaga kerja. Terlebih, ia bilang di balik UMKM terdapat pekerja yang trampil dan keluarga yang hidupnya tergantung dari perputaran bisnis yang dijalankan.

    Adapun pengunjung Pertamina SMEXPO dapat menjelajahi empat kategori besar produk UMKM di Pertamina SMEXPO 2020. Keempatnya adalah makanan dan minuman, craft atau furniture, agrobisnis, dan fashion. Dengan adanya kategori ini, dapat memudahkan masyarakat untuk mencari jenis barang yang diinginkan.

    Selain kebutuhan sehari-hari, masing-masing tenant peserta Pertamina SMEXPO 2020 juga menyuguhkan produk asli wilayahnya. Sehingga, masyarakat dapat mendapatkan barang khas dari berbagai wilayah di Indonesia, hanya dengan mengakses laman Pertamina SMEXPO 2020 di www.pertaminasmexpo.com.

    Tidak hanya mempermudah masyarakat dalam berbelanja, SMEXPO 2020 dapat menjadikan UMKM mitra binaan Pertamina agar melek digital dengan masing-masing produk unggulannya tersebut.

    (SAW)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id