Dahlan Iskan Minta Pemerintah Beri Bantuan ke Eksportir

    Husen Miftahudin - 18 Mei 2020 17:44 WIB
    Dahlan Iskan Minta Pemerintah Beri Bantuan ke Eksportir
    Mantan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan. Foto : MI.
    Jakarta: Mantan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan meminta pemerintah berpihak kepada para pengusaha di tengah pandemi virus korona (covid-19). Utamanya kepada perusahaan-perusahaan eksportir.

    "Kita memang harus berpihak kepada para pengusaha, tetapi juga kita lihat peran pengusaha itu dalam menjaga ekonomi nasional," ujar Dahlan dalam seminar daring di Jakarta, Senin, 18 Mei 2020.

    Menurutnya, para eksportir harus benar-benar dijaga keberlangsungan usahanya di tengah pandemi covid-19. Bila sektor ini kolaps maka akan merusak jalur logistik di dalam negeri.

    "Kalau tidak (diberi bantuan), jaringan mereka di internasional hilang, akses mereka di internasional hilang, jalur logistik di dalam negeri hilang, sistemnya hilang," tutur dia.

    Oleh karena itu, sebut Dahlan, pemerintah harus mempunyai daftar perusahaan-perusahaan eksportir yang harus dijaga agar tidak bangkrut. Termasuk sejumlah dukungan yang harus diberikan pemerintah kepada mereka.

    Sektor prioritas selanjutnya yang perlu diperhatikan pemerintah adalah perusahaan-perusahaan yang mampu mengurangi ketergantungan impor alias subtitusi impor. Hal ini dibutuhkan mengingat perusahaan pelat merah yang membidangi subtitusi impor, perannya masih lemah.

    Kemudian, memperkuat peranan BUMN yang menangani bidang pangan. Dahlan mengaku kecewa perusahaan-perusahaan BUMN pangan tak memiliki taji dalam memperkuat ketahanan pangan nasional.

    "BUMN ini kan milik negara, sedangkan pangan adalah ketahanan negara. Seharusnya jangan sampai BUMN di bidang pangan lebih kecil (peranannya) dibandingkan dengan BUMN yang di bidang bisnis pada umumnya yang semua orang bisa melakukan. Ini betul-betul terbalik," pungkas Dahlan.



    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id