Chandra Asri Ikut Sumbang Alat Kesehatan

    Husen Miftahudin - 26 Maret 2020 14:09 WIB
    Chandra Asri Ikut Sumbang Alat Kesehatan
    ilustrasi Medcom.id
    Jakarta: Perusahaan petrokimia, Chandra Asri Petrochemical menyumbang ribuan alat-alat kesehatan ke Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Alat kesehatan yang didonasikan tersebut berupa alat uji atau rapid test virus korona atau covid-19 sebanyak 20 ribu, kemudian 14 ribu masker operasi, dan 20 ribu masker N95.

    Sebagian dari alat tes tersebut juga akan diserahkan kepada beberapa rumah sakit di wilayah Banten. Sebanyak 500 rapid test akan diserahkan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tangerang, sementara 500 rapid test lainnya akan diserahkan ke RSUD Serang dan RS Krakatau Medika di Cilegon.

    Presiden Direktur Chandra Asri Petrochemical Erwin Ciputra mengatakan proses pengadaan alat-alat kesehatan ini dilakukan bekerja sama dengan Yayasan Satu Hati Berbakti (Sahati) di Jakarta. Tujuannya, untuk mendukung pemerintah dalam mencegah penyebaran covid-19.

    "Kami senantiasa berkomitmen untuk mendukung pemerintah dan masyarakat Indonesia dalam situasi seperti merebaknya covid-19 ini. Kami berharap dengan tambahan alat tes ini kita dapat memitigasi penyebaran wabah dan mengurangi jumlah kasus positif," ujar Erwin dalam keterangannya di Jakarta, Kamis, 26 Maret 2020.

    Chandra Asri juga mengikuti imbauan pemerintah pusat dan Pemerintah Propinsi DKI Jakarta untuk mengimplementasikan jarak sosial (social distancing) dan kebijakan kerja dari rumah untuk menjamin keamanan dan kesehatan para karyawan.

    Rapid test merupakan salah satu tes untuk mendeteksi secara cepat SARS-CoV-2, virus yang menyebabkan covid-19. Rapid test akan dilakukan dengan mengambil sampel darah pasien positif covid-19.

    Sebelumnya, Presiden Joko Widodo ingin pengiriman alat perlindungan diri (APD) dan alat rapid test merata ke seluruh Indonesia. Jokowi tak ingin ada wilayah yang terlewatkan.

    Penggunaan rapid test tersebut diatur dan menjadi kewenangan pemerintah daerah. Tugasnya sebagai kepala negara hanya untuk memastikan pengiriman APD dan alat tes cepat dan merata.



    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id